Tiru Snapchat, Instagram Siapkan Fitur Friend Map - suara

 

Tiru Snapchat, Instagram Siapkan Fitur Friend Map

Jum'at, 01 Maret 2024 | 10:50 WIB
Tiru Snapchat, Instagram Siapkan Fitur Friend Map
Fitur Friend Map. Ilustrasi: Ikon Instagram. (Unsplash)

Suara.com - Instagram saat ini sedang mengembangkan fitur bernama 'Friend Map". Fitur tersebut mempunyai fungsi seperti Snap Map milik Snapchat.

Adanya Friend Map pertama kali diungkap oleh pengguna X bernama Alessandro Paluzzi. Seperti namanya, Friend Map akan menunjukkan tempat di mana teman-temanmu berada pada Map.

Selain itu, fitur ini memungkinkan kalian memberikan catatan pada peta secara realtime. Pengguna media sosial yang menerima notifikasi bisa melihat lokasi teman pada saat itu juga.

Fitur baru Instagram tersebut sempat memancing kehebohan di media sosial. Ini bukan pertama kalinya Instagram "meniru" serta "terinspirasi" dari platform lain. Instagram Story milik Meta diyakini sebagai salah satu bentuk jiplakan terhadap fitur Snapchat pada 2016 lalu.

Mereka juga melakukan hal yang sama saat TikTok mulai meledak. Instagram saat itu merilis Reels yang merupakan fitur perekaman video pendek pada 2019. Tangkapan layar fitur Friend Map dibagikan oleh reverse engineer Alessandro Paluzzi (@alex193a).

Fitur baru Instagram Friend Map. (X @alex193a)
Fitur baru Instagram Friend Map. (X @alex193a)

Dikutip dari TechCrunch, akun tersebut memang kerap menemukan fitur media sosial anyar sebelum peluncuran aslinya. Menurut Alessandro Paluzzi, fitur Friend Map bakal membagikan lokasi secara terenskripsi.

Share Location pada Friend Map juga mempunyai opsi tambahan berupa Ghost Mode (menyembunyikan lokasi aktif terakhir) serta memilih teman mana saja yang dapat melihat postingan (Close Friends).

Note atau catatan pada Friend Map berfungsi untuk memberi tahu teman Anda tentang toko yang baru saja Anda kunjungi atau restoran favorit.

Meta telah mengonfirmasi bahwa mereka sedang menyiapkan fitur baru untuk Instagram. Namun, fitur Friend Map ini masih berupa purwarupa internal dan tidak sedang diuji ke publik.

Dilihat dari tangkapan layar yang beredar, fitur tersebut kemungkinan besar sudah menuju tahapan sempurna. Instagram diprediksi mengenalkan Friend Map versi beta pada beberapa minggu ke depan.

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)