Cek Akun Gmail yang Jarang Dibuka Sekarang Kalau Tak Mau Dihapus Google! - detik

 Cek Akun Gmail yang Jarang Dibuka Sekarang Kalau Tak Mau Dihapus Google!

Aisyah Kamaliah

Surabaya - Detikers yang sudah lama tidak membuka akun Gmail coba login sekarang deh. Jangan sampai akun Gmail yang jarang dibuka itu mendadak dihapus sama Google.

Google telah mengonfirmasi pada akhir 2024 ini akun yang tidak aktif akan dihapus sebagai langkah pembersihan layanan yang tidak dipakai, mengosongkan sebagian ruang, dan membantu menjaga platform lebih aman.

Saat Google pertama kali mengumumkan rencana itu mereka menyatakan akan menghapus akun yang tidak digunakan selama 2 tahun. Google juga akan memperingatkan pengguna sebelum pengguna kehilangan akses ke Gmail dan Google Foto.

"Jika akun Google tidak digunakan atau masuk selama minimal 2 tahun, kami dapat menghapus akun itu dan kontennya-termasuk konten dalam Google Workspace (Gmail, Dokumen, Drive, Meet, Kalender) dan Google Foto," ujar Google dalam postingan blog seperti dilansir detikInet mengutip Mirror UK, Senin (15/4/2024).

Tampaknya, pengguna bisa kehilangan akses Gmail lebih cepat. Seperti dibagikan jurnalis Dave Winder, dia telah mendapat peringatan dari Google karena akunnya tidak digunakan setidaknya selama 8 bulan.

"Jika Anda ingin mempertahankan Akun Google Anda, masuk sebelum 20 September 2024. (Bila tidak) Google akan menghapus Akun Google Anda dan data aktivitasnya," bunyi pesan Google yang dibagikan Winder.

Winder menerima pesan pada Januari 2024. Delapan bulan yang lalu dia terakhir kali menyentuh layanan Google dan bulan September tinggal 8 bulan lagi. Itu berarti akunnya dapat dihapus setelah 16 bulan tidak aktif, bukan 24 bulan.

Nah, detikers, kalian yang nggak mau akun Gmail tiba-tiba dihapus oleh Google pastikan tetap menggunakan layanan itu, ya.

Simak Video "Google Bakal Hapus Akun Gmail yang Tak Aktif Digunakan"

(dpe/dte)

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)