Bos Apple Diam-diam Temui Bos Chip Taiwan, Ada Apa? - detik

 

Bos Apple Diam-diam Temui Bos Chip Taiwan, Ada Apa?

Jakarta 

-

COO Apple Jeff Williams disebut diam-diam datang ke kantor TSMC untuk membahas pesanan chip terbarunya.

Chip yang dimaksud ini dibuat dengan fabrikasi 2nm, dan Apple -- seperti biasa -- mau mengamankan pesanan chip, dengan teknologi terbaru tersebut. Seperti diketahui, TSMC adalah pabrikan pembuat chip seri A dan M yang menjadi tulang punggung beragam perangkat Apple.

Dilansir media Taiwan Economic Daily News, dalam pertemuan rahasia tersebut Williams bertemu dengan Presiden TSMC C.C Wei untuk memfinalisasi pesanan chip 2nm untuk Apple.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Langkah yang sama sebelumnya juga dilakukan oleh Apple untuk mengamankan pesanan chip 3nm dari TSMC, yang dipakai untuk memproduksi chip A17 Bionic yang ada di iPhone 15 Pro dan M3 dan M4 yang dipakai di jajaran Mac terbaru.

Dengan mengamankan pesanan ini, Apple punya keunggulan dibanding rival-rivalnya karena bisa memastikan penggunaan teknologi chip terbaru untuk perangkatnya. Ditambah lagi, mereka bisa menunda akses teknologi chip terbaru itu untuk para rivalnya.

Mungkin chip 2nm yang nantinya akan diproduksi ini pun bakal dilengkapi neural engine mumpuni untuk melakukan pengolahan AI. Pasalnya Apple belakangan ini mulai menggadang AI sebagai fokus mereka ke depannya.

Misalnya seperti yang dikatakan oleh CFO Apple Luca Maestri, Apple sudah menginvestasikan lebih dari USD 100 miliar untuk riset dan pengembangan generative AI selama lima tahun ke belakang. Mereka pun memperluas data centernya untuk melakukan pengolahan AI.

iOS 18 yang bakal dipamerkan pada WWDC 2024 Juni mendatang kabarnya akan dilengkapi berbagai fitur AI, mungkin sama dengan yang dilakukan Google untuk Android lewat Gemini Nano. Salah satu penerapannya kemungkinan adalah asisten digital Siri yang lebih canggih karena diperkuat oleh ChatGPT.

Simak Video "Apple Bersiap Buyback Saham Senilai Rp 1.779 Triliun"



(asj/asj)

Komentar

Baca Juga

Opsi Media Informasi Group

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin