Cara Main Game Nintendo Jadul di iPhone - CNN Indonesia

 

Cara Main Game Nintendo Jadul di iPhone

Minggu, 05 Mei 2024 08:04 WIB

Aplikasi Delta Emulator kini resmi hadir di App Store yang memungkinkan pengguna memainkan game klasik Nintendo di iPhone. (Foto: Screenshot Apple Store)

Jakarta, CNN Indonesia 

--

Pengguna iPhone ataupun iPad yang ingin bernostalgia bermain game-game jadul yang ada di Nintendo kini bisa menikmatinya lewat Delta Game Emulator. Simak caranya.

Aplikasi Delta Emulator kini resmi hadir di App Store yang memungkinkan pengguna memainkan game klasik Nintendo di iPhone. Secara resmi aplikasi ini meluncur pada Rabu (17/4).

Emulator merupakan software program yang memungkinkan perangkat menjalankan game konsol di perangkat tertentu.

Delta Emulator ini dapat digunakan untuk main game konsol Nintendo seperti Nintendo Entertainment System (NES), Super Nintendo Entertainment System (SNES), Nintendo 64, Game Boy Color, Game Boy Advance, dan Nintendo DS.

Mengutip The Verge, aplikasi ini menyediakan tombol di layar yang sudah disesuaikan agar sama dengan konsol yang biasa dimainkan.

Seperti, kontrol Nintendo DS dibagi menjadi ABXY, tombol D-pad, Start, Select, L, dan R. Ataupun, Game Boy Color yang lebih sederhana dengan tombol AB, D-pad, Start, dan Select.

Delta Emulator juga mendukung controller Bluetooth seperti controller Xbox One Series S atau PlayStation 5 (PS5). Sehingga pengguna bisa memanfaatkan keyboard kabel (wired), controller Nintendo Switch Pro, Joy-Con, dan lainnya.

Melansir The Verge, pengujian pengaturan menggunakan iPhone, Apple TV, MacBook Air dan pengontrol DualSense PS5, memiliki hasil yang sangat mudah, tidak ada kelambatan pada kontrolnya.

Selain itu, Delta dibekali juga beberapa fitur, seperti fitur kustomisasi tata letak kontrol, dan pengguna juga bisa mengatur tombol tambahan untuk menggunakan fitur penyimpanan cepat (save state) dan mempercepat cutscene.

Untuk fitur lainnya, Delta Emulator mampu menampilkan poster (box art) untuk game yang diinstal secara otomatis, dan memungkinkan pengguna mengubah poster tersebut.

Ada juga dukungan untuk cheat Game Genie, Pro Action Replay, GameShark, dan Code Breaker, dukungan menggunakan desain (skin) controller yang diunduh di internet, Haptic touch, serta tombol Hold yang memungkinkan Delta menahan tombol yang diatur oleh pengguna.

Untuk lebih jelasnya, pengguna dapat menggunakan Delta Emulator dengan cara berikut ini.

  • Unduh Delta
  • Cara mendapatkan game dapat menggunakan alat seperti GB Operator Epilog, yang dapat menyalin file .ROM langsung dari game.
  • Setelah mendapatkan file .ROM secara legal, cara memasukkannya ke ponsel dapat meletakkannya di Google Drive dan menambahkannya ke folder file iPhone, atau dapat mengirimkannya melalui email ke diri sendiri dan mengunduhnya.
  • Perhatikan bahwa hanya jenis file tertentu yang didukung oleh GBA4iOS, seperti NES (.nes), SNES (.smc, .sfc, fig), Game Boy (.gb), Game Boy Color (.gbc), Game Boy Advance (.gba), Nintendo DS (.ds, .nds), Nintendo 64 (.n64, .z64), Sega Genesis (.gen, .bin, .md, .smd). Untuk game dalam file .ZIP atau .7Z, maka pengguna harus mengekstraknya terlebih dahulu, dapat menggunakan aplikasi iZip di App Store.
  • Terakhir, buka Delta dan akan ada tanda plus di pojok kanan atas. Dari sana, pengguna dapat mengimpor game dari iTunes atau folder file.
(rni/dmi)

Komentar

Baca Juga

Opsi Media Informasi Group

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin