Donald Trump Bikin Akun TikTok! Medsos yang Dulu Pernah Dia Ingin Larang di AS - inews

 

Donald Trump Bikin Akun TikTok! Medsos yang Dulu Pernah Dia Ingin Larang di AS

WASHINGTON DC, iNews.id - Calon presiden AS dari Partai Republik, Donald Trump, dilaporkan telah bergabung dengan TikTok. Padahal, platform media sosial video pendek milik raksasa teknologi China, ByteDance, itu dulu pernah dia coba larang di Amerika saat masih menjabat presiden.

Politico, yang pertama kali melaporkan kabar tersebut, menyebutkan bahwa Trump mengunggah video perdana di akunnya pada Sabtu (1/6/2024)malam. Video tersebut menunjukkan Trump sedang menyapa para penggemarnya di pertarungan Ultimate Fighting Championship (UFC) di Newark, New Jersey, AS.

Hingga Minggu (2/6/2024) pukul 15.00 WIB, Akun bernama Presiden Donald J Trump dengan alamat @realdonaldtrump itu sudah memiliki lebih dari 450.000 pengikut.

ByteDance mengajukan gugatan ke pengadilan atas undang-undang AS yang mengharuskan perusahaan itu menjual TikTok pada Januari 2024 ke pihak Amerika. Jika tidak, medsos berbagi video singkat itu bakal dilarang di AS. UU tersebut mulai berlaku pada April lalu.

Gedung Putih berdalih, mereka hanya ingin kepemilikan yang berbasis di China diakhiri atas dasar keamanan nasional AS, bukan melarang TikTok. Sementara pihak TikTok mengatakan, mereka tidak akan membagikan data pengguna AS kepada Pemerintah China dan telah mengambil langkah-langkah substansial untuk melindungi privasi para penggunanya.

Upaya Trump untuk melarang TikTok pada 2020, ketika dia masih menjadi presiden, ditolak oleh pengadilan AS. Pada Maret lalu, dia mengatakan bahwa platform medsos tersebut memang menjadi ancaman keamanan nasional Amerika, tetapi pelarangan terhadap TikTok juga akan merugikan sebagian generasi muda dan hanya akan memperkuat dominasi Facebook milik Meta. Trump sendiri tidak suka dengan kebijakan Meta yang terlalu membatasi penggunanya.

Untuk diketahui, tim kampanye pemilihan kembali Presiden Joe Biden untuk Pilpres 2024 sudah membuat akun TikTok pada Februari lalu.

Copyright ©2024 iNews.id. All Rights Reserved

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)