Gandeng Google, Indosat Agresif Adopsi dan Tawarkan AI - CNBC Indonesia

 

Gandeng Google, Indosat Agresif Adopsi dan Tawarkan AI

Tech

Jumat, 14/06/2024 10:43 WIB

Foto: dok Indosat

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Indosat Tbk. (Indosat Ooredoo Hutchison) dan Google Cloud melanjutkan kerja sama strategis untuk mendorong transformasi dan adopsi kecerdasan buatan (AI).

Lewat kerja sama ini, Indosat akan menawarkan solusi AI dan generatif AI untuk perusahaan dan bisnis di seluruh Indonesia. Selain itu, Indosat akan memanfaatkan platform AI Stack milik Google Cloud untuk memperkuat layanan atas 100 juta pelanggan Indosat.

CEO Indosat Vikram Sinha, mengatakan bahwa kolaborasi Indosat dan GOogle Cloud adalah langkah signifikan dalam transformasi Indosat menjadi AI Native TechCo.

"Saat Indonesia melangkah ke era digital, kami terus berkomitmen pada tujuan besar Indosat untuk memberdayakan masyarakat Indonesia dengan menyediakan perangkat dan teknologi mutakhir yang dibutuhkan untuk kemajuan bisnis dan individu," kata Sinha, Jumat (14/6/2024).

VP Google Cloud untuk wilayah Asia Pasifik, Karan Bajwa mengatakan kerja sama Google Cloud dan Indosat dibangun di atas fondasi yang kuat karena telah terjalin sejak 2021.

"Kini memungkinkan Indosat untuk mengejar berbagai kasus penggunaan ML dan GenAI bernilai tinggi dalam skala besar-dan kami sangat antusias dengan peluang-peluannya," kata Bajwa.

Solusi yang diimplementasikan oleh Indosat juga akan tersedia lewat kerja sama Indosat dan Google Cloud untuk UMKM, startup, korporasi, dan instansi pemerintahan.

Berikut adalah beberapa kerja sama Indosat dan Google Cloud:

  • Modernisasi layanan pelanggan dengan membekali agen layanan pelanggan dengan tkenologi GenAI.
  • Penggunaan Gen AI untuk membangun konten yang dinamis dan khusus untuk tiap individu (hiper-personalisasi)
  • Pemanfaatan model dan alat machine learning untuk analisis data geospasial dan model prediktif sehingga Indosat bisa berekspansi dengan strategis, pemantauan dan perawatan aset, hingga memodelkan potensi bencana alam sebagai mitigasi.
  • Operasi jaringan dan teknologi informasi dengan dukungan model machine learning, antara lain dalam prediksi return of investment. Misalnya, AI dapat secara dinamis menyesuaikan tingkat daya menara seluler pada periode normal, membantu teknisi lapangan mendiagnosis dan menyelesaikan gangguan dengan cepat berdasarkan masukan verbal dan visual mereka, serta mengalihkan trafik jaringan untuk menghindari komponen yang rusak saat perbaikan sedang dilakukan.
  • Indosat juga menggunakan GenAI untuk mendukung tim HRD, hukum, pengadaan, dan keuangan sehingga bisa dengan cepat mengakses informasi yang mereka butuhkan

Saksikan video di bawah ini:

Video:AI Bukan Penyebab PHK Massal, Ini Peran AI di Bisnis Startup RI


(dem/dem)

Komentar

Baca Juga

Opsi Media Informasi Group

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin