Gemini Hadir di Google Workspace, Akses Langsung ke Layanan AI di Gmail hingga Google Docs

 

Gemini Hadir di Google Workspace, Akses Langsung ke Layanan AI di Gmail hingga Google Docs

Google Workspace kini hadir dengan Gemini, model AI generatif terbaru dari Google yang memudahkan akses bagi para pengguna.

oleh Robinsyah Aliwafa Zain diperbarui 30 Jun 2024, 08:00 WIB
GM and Vice President Google Workspace, Aparna Pappu. Liputan6.com/Agustinus Mario Damar
GM and Vice President Google Workspace, Aparna Pappu. Liputan6.com/Agustinus Mario Damar

Advertisement

Liputan6.com, Jakarta - Google baru saja menghadirkan perluasan akses Gemini ke Google Workspace. Nantinya, pengguna akan bisa langsung mengakses AI generatif itu di Gmail, Google Drive, Docs, dan layanan Workspace lainnya.

Berdasarkan unggahan blog Google Workspace, sebagaimana dikutip dari Tech Radar, Minggu (30/6/2024), perusahaan mengumumkan ketersediaan umum Gemini di aplikasi kerja Google, seperti Google Docs, Spreadsheet, Slide, dan Drive.

Advertisement

Nantinya, Gemini di aplikasi tersebut akan muncul di panel bilah samping. Penempatan tersebut akan memudahkan pengguna mengakses Gemini tanpa perlu membuka situs web.

Fitur tersebut dapat dimunculkan ketika pengguna mengklik tombol "Ask Gemini" di sudut kanan atas logo Docs, Sheets, Slides, dan Drive.

Gemini yang dihadirkan juga tak main-main, Google menggunakan Gemini 1.5 Pro, ini adalah model AI multimodal terbaru yang bisa berikan akses terhadap kecerdasan yang lebih maju.

"Melalui panel samping, Gemini dapat membantu Anda meringkas, menganalisis, dan menghasilkan konten dengan memanfaatkan wawasan yang dikumpulkan dari email, dokumen, dan lainnya—semuanya tanpa berpindah aplikasi atau tab," tulis perusahaan. 

"Antarmuka yang diperbarui secara otomatis merangkum konten yang sedang Anda kerjakan dan memberikan petunjuk yang relevan secara kontekstual untuk membantu Anda memulai," tulis Google menambahkan.

Google mengatakan pembaruan baru yang didukung AI ini akan membantu pengguna lebih produktif, serta memperkenalkan Gemini kepada jutaan pengguna di seluruh dunia.

Kendati demikian, fitur Gemini AI ini hanya terbatas pada pengguna yang menggunakan Google Workspace versi berbayar.

2 dari 4 halaman

Integrasi Gemini ke Google Workspace

Google Workspace Individual untuk pemilik UKM diluncurkan di Indonesia (Dok. Google Indonesia)
Google Workspace Individual untuk pemilik UKM diluncurkan di Indonesia (Dok. Google Indonesia)

Google menyediakan berbagai kemampuan berkat integrasi Gemini. Sebagai contoh, menulis dan menyempurnakan konten atau meringkas dokumen dalam Google Docs, dan membuat slide baru dan gambar khusus dalam Google Slides.

Gemini juga dapat digunakan untuk membantu melacak dan mengatur data dalam spreadsheet Google Sheets, membuat tabel, menghasilkan rumus, dan memberikan saran tentang cara menyelesaikan tugas tertentu.

Di Google Drive, Gemini dapat membantu meringkas banyak dokumen, atau membuat ringkasan tentang topik tertentu tanpa pengguna perlu mencari dan membaca sejumlah file.

Seperti yang disebutkan, hanya pelanggan Google Workspace tertentu yang dapat mengakses fungsi ini, yaitu pelanggan add-on Gemini Business and Enterprise, add-on Gemini Education dan Education Premium, atau langganan Google One AI Premium.

Advertisement

3 dari 4 halaman

Google Tambahkan Fitur AI Gemini di Gmail

Ilustrasi cara membuat email, Gmail, desktop. (Photo by Solen Feyissa on Unsplash)
Ilustrasi cara membuat email, Gmail, desktop. (Photo by Solen Feyissa on Unsplash)

Tak hanya itu, Gmail mendapatkan lebih banyak fitur AI yang bisa mempermudah pengguna mengakses email mereka.

Pada versi web, Google meluncurkan side bar (panel sisi) Gemini baru yang dapat melakukan hal-hal, seperti meringkas utas email dan menyusun email baru. 

Menurut unggahan di blognya, Google menyebut, tool ini akan menawarkan 'prompt proaktif', tetapi pengguna juga bisa mengajukan pertanyaan 'bentuk bebas'. 

Mengutip The Verge, Selasa (25/6/2024), Sidebar AI ini dikembangkan untuk memanfaatkan model yang Google yang paling capable, misalnya Gemini 1.5 Pro. 

Pada aplikasi mobile Gmail, Google akan memberikan kemampuan Gemini yang mampu meringkas thread. Peningkatan AI yang diberikan ini bisa sangat membantu, sayangnya saat ini hanya tersedia untuk pengguna Gemini berbayar. 

Kalau kamu ingin mencoba fitur ini, pengguna perlu menjadi konsumen Google Workspace dengan Gemini Business atau add-on Enterprise, Gemini Education atau Education Premium, atau Google One AI Premium. 

4 dari 4 halaman

Periksa Email yang Dibantu Gemini

Ilustrasi cara membuat email, Gmail, desktop. (Photo by Yogas Design on Unsplash)
Ilustrasi cara membuat email, Gmail, desktop. (Photo by Yogas Design on Unsplash)

Meski begitu, The Verge mengingatkan agar pengguna layanan AI berbasis ini tidak bergantung sepenuhnya pada tool ini ketika bekerja.

Pastikan untuk selalu memeriksa ulang email yang dibantu buatkan oleh Gemini sebelum mengirimkannya. 

Selain ke email, Google juga meluncurkan fitur Gemini sidebar di Google Docs, Sheets, Slides, dan Drive. Google menjanjikan fitur-fitur ini tengah dalam perjalanan untuk sampai ke semua penggunanya. 

Selanjutnya, masih akan ada sejumlah fitur AI yang akan diumumkan untuk Gmail, termasuk Contextual Smart Reply. 

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin