Google Kenalkan Fitur AI Summarize, Kelola Email Lebih Efisien - Info Komputer

 

Google Kenalkan Fitur AI Summarize, Kelola Email Lebih Efisien

Minggu, 30 Juni 2024 | 13:00 WIB

Google meluncurkan fitur terbaru bernama "Summarize" berbasis artificiaI intelligence (AI) atau kecerdasan buatan di aplikasi Gmail untuk perangkat iOS dan Android. Fitur AI itu memungkinkan pengguna mengelola email dengan lebih efisien dan memberikan ringkasan singkat percakapan email yang panjang. 

"Fitur ini sangat bermanfaat bagi mereka yang sering bepergian dan membutuhkan cara cepat untuk menyortir kotak masuk mereka," tulis Google.

Google memastikan fitur AI itu tersedia bagi pengguna yang berlangganan paket Google Workspace AI tertentu. Dengan adanya tombol "Summarize this email" yang muncul di bawah subjek email dengan lebih dari dua balasan, pengguna bisa mendapatkan ringkasan melalui lembar Gemini yang muncul dari bawah layar seperti dikutip Phone Arena.

Pengguna juga bisa menilai ringkasan tersebut dengan memberikan jempol ke atas atau ke bawah. Peluncuran fitur ini sudah dimulai dan akan sepenuhnya tersedia bagi semua pengguna yang memenuhi syarat dalam beberapa minggu ke depan. 

Selain itu, Google juga memperkenalkan panel samping Gemini di versi web Gmail. Panel ini, yang didukung oleh Gemini 1.5 Pro, menyediakan berbagai fitur canggih seperti merangkum percakapan email, menyarankan balasan, membantu menyusun email, dan menjawab pertanyaan terkait email di kotak masuk atau file Google Drive. 

Pengguna dapat mengakses fitur ini dengan menekan ikon bintang Gemini di pojok kanan atas. Peluncuran panel samping ini juga sudah dimulai dan akan sepenuhnya tersedia dalam beberapa minggu mendatang.

Fitur "Summarize" di aplikasi mobile dan panel samping Gemini di versi web hanya bisa diakses oleh pengguna yang berlangganan paket Google Workspace AI tertentu seperti Gemini untuk Bisnis dan Enterprise, Gemini untuk Pendidikan dan Pendidikan Premium, atau Google One AI Premium.

Dengan peluncuran fitur ini, Google terus menunjukkan komitmennya dalam memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan untuk meningkatkan produktivitas dan kemudahan pengguna dalam mengelola email.

Baca Juga: AI Boros Energi, Ini Cara AWS Menghemat Energi Listrik Data Center

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin