Pusat Data Nasional Gangguan Picu Layanan Imigrasi Tersendat, Kominfo Minta Maaf - inews

 

Pusat Data Nasional Gangguan Picu Layanan Imigrasi Tersendat, Kominfo Minta Maaf - Bagian All

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyampaikan permohonan maaf atas gangguan Pusat Data Nasional pada Kamis (20/6/2024). Gangguan itu mengakibatkan layanan imigrasi tersendat.

"Pertama-tama, Kementerian Kominfo menyampaikan permohonan maaf atas gangguan yang dialami Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 sejak 20 Juni 2024 sehingga berdampak pada terhambatnya beberapa layanan publik. Salah satu layanan yang terganggu adalah sistem keimigrasian yang diselenggarakan oleh Ditjen Imigrasi, Kementerian Hukum dan HAM," kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan dikutip dari laman Kominfo, Minggu (23/6/2024).

Dia memastikan langkah pemulihan terus dilakukan. Sebagian layanan keimigrasian seperti paspor, visa, izin tinggal, dan perlintasan sudah mulai kembali beroperasi.

Selain itu, sebagian layanan imigrasi melalui ⁠autogate di Bandara Soekarno Hatta telah kembali beroperasi secara bertahap. Sementara pemulihan layanan Autogate di bandara lain masih terus dilakukan.

"Agar proses keimigrasian dapat terus berjalan, layanan kombinasi dengan verifikasi manual masih dilakukan," tutur dia.

Kominfo, kata dia, terus berupaya melakukan pemulihan segera mungkin dengan tetap memperhatikan aspek kehati-hatian dan mengutamakan kepentingan publik ataupun pengguna layanan.

"Setiap perkembangan pemulihan PDNS 2 akan diinformasikan secara berkala," kata Semuel.

Diketahui, sistem imigrasi di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, down pada Kamis (20/6/2024). Hal ini disebabkan server Pusat Data Nasional Kominfo yang mengalami gangguan.

Pantauan iNews.id di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, antrean panjang terjadi di kedatangan internasional. Hal ini menyebabkan checking imigrasi dilakukan secara manual.

Petugas imigrasi sigap membuka seluruh loket untuk mempercepat layanan pengecekan. 

Sejumlah maskapai, khususnya Garuda Indonesia telah menyiapkan bagasi penumpang, sehingga tinggal ambil dan mencocokan nomor bagasi. 

Dirjen Imigrasi Kemenkumham Silmy Karim menuturkan, antrean panjang tersebut terjadi imbas server PDN Kominfo yang mengalami gangguan. Dengan begitu, layanan autogate tak bisa beroperasi.

"Antrean terjadi karena server PDN Kominfo down, sehingga layanan autogate tidak bisa dioperasikan," ucap Silmy kepada iNews.id.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin