Tidak Ada Kabar Dari Windows 12!, Gagal?!! | WinPoin

 

Tidak Ada Kabar Dari Windows 12!, Gagal?!! | WinPoin

Kabar terakhir dari kehadiran dan rumor Windows 12 adalah sekitar lima bulan lalu ketika Microsoft merilis Windows Insider Canary Build 27545 secara internal, setelah itu sayangnya kita tidak lagi mendengar kabar apapun dari The Next Gen of Windows ini, bahkan bocorannyapun tidak ada sedikitpun.

Windows 12 memang sempat hype karena Microsoft kabarnya akan membawa banyak hal baru terutama peningkatan AI pada sistem operasi barunya, dan bagi kamu yang sering mengikuti kabar tentang hal ini mungkin kamu pernah mendengar dengan istilah AI PC.

AI PC dan Hubungannya Dengan Windows 12

Awalnya Windows 12 diprediksi akan menjadi awal dari munculnya AI PC yang nyatanya kini AI PC lebih ditujukan ke Copilot+, yang mana merupakan sertifikasi khusus yang diberikan Microsoft pada sebuah hardware yang telah memenuhi semua syarat yang mereka tentukan.

Dan dengan kehadiran Copilot+ justru malah membuat rumor dan kabar Windows 12 makin buyar guys. Karena seperti yang telah kita tahu, semua fitur AI baru justru diperkenalkan di Windows 11 24H2, sebut saja Recall, Live Caption, Studio Effects dan lainnya.

Standar RAM 16 GB di Windows 12

Nah beberapa bulan lalu kita juga mendapatkan kabar bahwa Standar RAM 16 GB merupakan standar yang akan dibawa oleh Windows 12, namun faktanya semua perangkat Copilot+ telah membawa RAM minimal 16GB karena itulah syarat agar perangkat dapat dikatakan sebagai perangkat Copilot+.

Standar 16 GB ini juga awalnya merujuk pada AI PC yang digadang akan diawali oleh Windows 12, namun setelah kehadiran Copilot+ justru itu membuat semua rumor akan kehadiran Windows 12 seakan menghilang dan tidak lagi relevan.

Kehadiran Copilot+ Apakah Akan Membuka Peluang Windows 12?

Saat ini, Microsoft tampak makin memantapkan rencananya terhadap perangkat Copilot+ untuk membuka peluang terhadap fitur AI yang mereka kembangkan. Semua fitur AI tersebut telah perlahan diperkenalkan pada perangkat Copilot+ yang mulai dijual 18 Juni 2024 kemarin.

Selain itu, meskipun semua fitur AI sudah hadir di Windows 11 24H2 bagi pengguna perangkat Copilot+, namun apakah itu akan membuka peluang baru terhadap Windows 12?

Nah itulah salah satu pertanyaan yang mungkin cukup banyak dipertanyakan pengguna, jika iya mungkin saja Windows 12 akan dikhususkan untuk perangkat Copilot+ dan pengguna wajib membeli perangkat baru untuk menggunakannya.

Atau, sama seperti saat ini dimana untuk mendapatkan semua fitur Windows 12 pengguna harus membeli perangkat Copilot+.

Atau Windows 12 Gagal!

Keputusan akhir memang ada ditangan Microsoft, dan jika mengikuti development cycle dengan OS baru setiap 3 tahun seperti era sebelum Windows 10, harusnya tahun 2024 ini kita mendapatkan OS baru yang digadang akan menjadi Windows 12.

Namun sayangnya Microsoft lebih berfokus pada Copilot+ dan perilisan Windows 11 24H2 selain itu beberapa bulan lalu dirumorkan bahwa mereka malah mengundur Windows 12 ketahun 2025. Sehingga dengan itu, jika tahun depan kita tidak mendapatkan kabar pasti mengenai Windows 12, mungkin saja OS ini gagal dirilis atau diundur lagi hingga waktu yang tidak ditentukan.

Bagi saya sendiri, sekarang ini memang pengembangan Windows seolah menampilkan ketikdakjelasan, terutama dengan banyaknya perubahan akan keputusan yang dilakukan Microsoft pada OS mereka. Jujur sayapun penasaran akan seperti apa sih OS Windows kedepannya, karena saya merasa bahwa pengembangan OS Windows ini terkesan berjalan ditempat dan tidak banyak yang dapat diharapkan.

Bagaimana menurutmu? apakah kamu punya opini lain? komen dibawah guys dan apakah Windows 12 akan jadi dirilis, diundur atau justru gagal? komen dibawah guys.

Written by

Penulis, Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan.

Post navigation

Previous Post

Next Post

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)