Alasan Geng Brain Cipher Rilis Kunci Buka Data PDNS Gratis Sampai Minta Maaf ke Warga Indonesia - Tekno Tempo

 

Alasan Geng Brain Cipher Rilis Kunci Buka Data PDNS Gratis Sampai Minta Maaf ke Warga Indonesia - Tekno Tempo

TEMPO.COJakarta - Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) Indonesia yang sebelumnya diretas oleh kelompok hacker ransomware Brain Cipher dikabarkan akan dibuka pada hari ini, Rabu, 3 Juli 2024. Kelompok peretas itu mengumumkan akan memberikan kunci dekripsi secara gratis untuk membuka data yang dienkripsinya.

Informasi ini berasal dari unggahan akun media sosial X bernama Fusion Intelligence Center, yang mengunggah ulang pernyataan dari situs Brain Cipher. Dalam unggahan itu, disertakan pula tangkapan layar berisikan keterangan alasan memberikan kunci dekripsi secara cuma-cuma untuk memulihkan akses ke PDNS.

Geng Ransomware Brain Cipher mengumumkan akan merilis kunci dekripsi secara gratis pada hari Rabu. Mereka menekankan perlunya pendanaan dan spesialis keamanan siber. Mohon maaf kepada Indonesia atas gangguan ini, mereka meminta pengakuan publik atas keputusan mereka,” bunyi cuitan dari akun @stealthmole_int tersebut.

Lantas, apa sebenarnya alasan Brain Cipher akhirnya membuka kunci data PDNS? Simak rangkuman informasi selengkapnya berikut ini.

Alasan Geng Ransomware Brain Cipher Buka Kunci PDNS

Pada tangkapan layar yang beredar di media sosial, kelompok peretas itu mengungkap alasannya memilih untuk membuka kunci data PDNS yang sebelumnya diretas dengan ransomware lockbit 3.0.

Kelompok itu berpesan kepada pemerintah Indonesia untuk menjadikan insiden serangan siber ke PDNS itu sebagai bagian dari pelajaran. Terutama terkait pentingnya pembiayaan industri keamanan siber dan perekrutan tenaga berkualifikasi.

“Kami berharap serangan kami menjelaskan kepada Anda betapa pentingnya membiayai industri dan merekrut spesialis yang berkualifikasi,” tulis kelompok hacker itu dalam keterangan publiknya.

Geng ransomware Brain Cipher juga menegaskan serangan siber yang mereka lancarkan ke PDNS Indonesia tidak memiliki muatan politik. Mereka pun meminta maaf kepada seluruh masyarakat atas gangguan yang terjadi karena serangan tersebut.

Iklan

 Scroll Untuk Melanjutkan 

Serangan kami tidak membawa konteks politik, hanya pentest (uji penetrasi) dengan pascabayar. Warga Indonesia, kami mohon maaf atas kenyataan bahwa hal ini berdampak pada semua orang.”

Kelompok peretas itu menyatakan mengambil keputusan untuk membuka data PDNS secara sadar dan tanpa ada pengaruh dari siapa pun. Karena itu, mereka berharap pengakuan dan ucapan terima kasih secara publik dari masyarakat dan perwakilan pemerintah.

Kami juga memohon terima kasih masyarakat dan konfirmasi bahwa kami mengambil keputusan ini secara sadar dan mandiri. Jika perwakilan pemerintah, menganggap salah mengucapkan terima kasih kepada hacker. Anda dapat melakukannya secara pribadi melalui kantor pos.”

Geng ransomware Brain Cipher itu juga meninggalkan tautan untuk sumbangan pada dompet monero (mata uang kripto). “Kami meninggalkan dompet monero (mata uang kripto) untuk sumbangan. Kami berharap pada hari Rabu kami akan mendapatkan sesuatu. Dan kami ulangi lagi, kami akan memberikan kunci secara gratis dan atas inisiatif kami sendiri.”

Di akhir pernyataan publiknya, kelompok peretas itu menyatakan akan membuktikan bahwa mereka menepati janji untuk merilis kunci dekripsi PDNS. “Pada Rabu (hari ini), kami akan membuktikan bahwa kami menepati janji kami,” tulisnya.

RADEN PUTRI

Pilihan Editor: Begini Cara Mengaktifkan Fitur Chat Lock di WhatsApp yang Bikin Pesan Tambah Rahasia

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin