Apple Peringatkan Jutaan Pengguna iPhone—Berhenti Menggunakan Google Chrome - Posko News

 

Apple Peringatkan Jutaan Pengguna iPhone—Berhenti Menggunakan Google Chrome - Posko News

Kita semua tahu hubungan bisa rumit, tetapi hanya sedikit yang serumit hubungan antara Apple dan Google. Perhatikan Apple iklan serangan baru yang menyeramkan di Google—dengan pesan yang jelas untuk 1,4 miliar penggunanya—berhenti menggunakan Chrome di iPhone Anda.

Jadi, mengapa sekarang? Google sedang menjalankan misi untuk mengubah pengguna Safari ke Chrome. Saat ini, Google mengandalkan Safari untuk mengarahkan sebagian besar permintaan pencarian dari iPhone—yang diaktifkan oleh pengaturan keuangan yang menguntungkan antara dirinya dan Apple, di mana pencarian Google menjadi fitur default di Safari. Namun pengaturan itu dapat segera dibatasi oleh berbagai penyelidikan monopoli di AS dan Eropa. Jadi Google kini memajukan Rencana B.

Chrome hanya memiliki basis instalasi sebesar 30% di antara pengguna iPhone—target Google adalah meningkatkannya menjadi 50%, membawa 300 juta pengguna iPhone lainnya ke dalam tenda datanyaApple jelas ingin menghentikan hal ini terjadi. 300 juta pasang mata tersebut menghasilkan pendapatan daring yang besar, dan seiring perubahan pencarian melalui pengenalan AI pada perangkat, hal itu akan menjadi medan pertempuran retensi versus konversi.

Itulah sebabnya Anda mungkin pernah melihat papan iklan privasi Safari Apple bermunculan di kota tempat tinggal Anda. Apa yang dimulai sebagai kampanye lokal di San Francisco kini telah mendunia. Dan meskipun iklan tersebut tidak menyebutkan Chrome, mereka tidak perlu menyebutkannya. Tidak ada hal lain yang penting. Safari dan Chrome menikmati lebih besar dari 90% pangsa pasar pada perangkat seluler. Dan pada iPhone, keduanya bersaing ketat.

Privasi adalah titik lemah Chrome. Cookie pelacakan tetap adadengan rencana untuk menghapusnya yang sudah tertunda karena Google menghadapi ranjau regulasi yang sedang berlangsung. Mode privasi semu Chrome jauh lebih sedikit privasi daripada yang diasumsikan pengguna. Dan dalam beberapa hari terakhir kita telah melihat peringatan bahwa Google mengambil data perangkat dari pengguna Chrome dengan pengaturan tersembunyi yang tidak dapat dinonaktifkan.

Apple baru saja menaikkan taruhan dalam pertarungan privasi ini dengan iklan video baru yang menerapkan “The Birds” karya Hitchcock pada privasi ponsel pintar. Iklan ini kuat dan mudah diingat serta pesannya jelas. Jika Anda tidak ingin ditonton secara daring, gunakan Safari. Artinya—sangat, sangat sederhana, jika Anda tidak ingin ditonton secara daring, jangan gunakan Google Chrome.

Ketika The Birds dirilis pada tahun 1960-an, film itu mengejutkan, menakutkan, dan menggugah pikiran. Pesannya adalah ada ancaman yang tidak benar-benar kita lihat, tetapi ada di mana-mana. Seperti yang dikatakan salah satu karakter dalam film: “Siapakah kamu? Apa kamu? Dari mana asalmu? Aku pikir kamu penyebab semua ini. Aku pikir kamu jahat.”

Meskipun ada saran dalam video bahwa ini mungkin menargetkan pengguna Android untuk membawa mereka ke iPhone, bukan itu intinya. Tidak ada pengguna yang akan meninggalkan Android hanya untuk mengakses browser yang berbeda, betapapun hebatnya iklan tersebut. Ini tentang menjaga pengguna iPhone tetap berada dalam batasan Apple. Namun, meskipun begitu, mungkin tidak sesederhana itu.

Realitas pahit bagi Apple adalah bahwa penggunanya lebih menyukai Google Search. Dan Apple sendiri dilaporkan menemukan bahwa ini lebih baik daripada alternatif lainnya. Ini mengingatkan kita pada Apple yang menghentikan Google Maps beberapa tahun lalu dan kemudian harus mengubah haluan. Kita dapat berasumsi bahwa meskipun Google tidak lagi menjadi pencarian default di Safari, pengguna akan dapat mengaturnya secara manual.

Pertanyaannya kemudian adalah apakah Google menawarkan fitur pencarian AI tingkat lanjut di Chrome yang tidak tersedia di tempat lain. Kami tahu langkah-langkah tersebut telah dipertimbangkan meskipun untuk saat ini diabaikan. Namun, medan perang peramban ini baru saja dimulai. Dan sementara 300 juta pengguna Safari tersebut masih menjadi milik Apple untuk saat ini, nantikan saja…

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)