Dukungan Sinkronisasi Driver WSUS Dihentikan Microsoft | WinPoin

 

Dukungan Sinkronisasi Driver WSUS Dihentikan Microsoft | WinPoin

WSUS atau Windows Server Update Services merupakan sebuah layanan yang membantu IT admin untuk mengelola dan mendistribusikan update dari produk Microsoft diseluruh perangkat organisasi mereka.

WSUS ini sendiri memang dapat dimanfaatkan dengan baik dimana IT Admin selain dapat meluncurkan update windows bagi perangkat client yang banyak, admin juga dapat mengatur driver update dari WSUS. Tetapi guys, ada satu hal yang akan berubah karena dalam postingan terbaru Microsoft, tampaknya mereka akan menghentikan dukungan sinkronisasi driver WSUS.

Jadi, sebelum mereka memutuskan untuk menghentikan dukungan tersebut, Microsoft telah melakukan survei dengan hasil hanya 34% peserta yang menggunakan WSUS untuk sinkronisasi driver. Selain itu, sebagian besar dari 34% tersebut sudah dalam proses beralih ke solusi lain.

Out of the participants who use WSUS, only 34% reported that they use it to synchronize drivers. Most of this 34% reported that they are in the process of implementing a different solution and don’t anticipate any problems with deprecation. Only 8% of participants indicated concerns over potential effects from deprecation, and we want to help everyone to get ready.

Nah dengan itu, tentu karena dari 34% tersebut sebagian besar juga melaporkan bahwa mereka tengah mencoba solusi alternatif lain, Microsoft akhirnya memutuskan untuk menghentikan dukungan sinkronisasi driver WSUS. Namun tenang, dukungan ini akan dihentikan pada 18 April 2025 dengan itu pengguna yang masih menggunakannya masih memiliki waktu yang cukup lama untuk mencari alternatif terbaiknya.

Our plan is to deprecate WSUS driver synchronization on April 18, 2025. For on-premises contexts, drivers will be available on the Microsoft Update catalog, but you will not be able to import them into WSUS. You’ll need to use other means, such as Device Driver Packages, to distribute the drivers within your network.

Bagi kamu yang mungkin bekerja dengan perusahaan yang menerapkan WSUS, kamu bisa mulai mencari alternatif lain yang lebih baik karena setelah 18 April 2025 nanti, layanan ini akan diakhiri.

Informasi mengenai hal ini juga dapat kamu temukan pada halaman Microsoft berikut atau berikut.

Via : MicrosoftNeowin

Written by

Penulis, Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan.

Post navigation

Previous Post

Next Post

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin