Emisi gas rumah kaca Google naik pesat gara-gara AI - Tek id

 

Emisi gas rumah kaca Google naik pesat gara-gara AI

Oleh: Erlanmart - Rabu, 03 Jul 2024 17:03 WIB

Emisi gas rumah kaca Google melonjak hampir 50 persen dalam lima tahun terakhir berkat pusat data yang menghabiskan banyak energi yang diperlukan untuk mendukung kecerdasan buatan (AI).

Emisi gas rumah kaca Google melonjak hampir 50 persen dalam lima tahun terakhir berkat pusat data yang menghabiskan banyak energi yang diperlukan untuk mendukung kecerdasan buatan (AI). Laporan ini, yang dirilis Google setiap tahun, menunjukkan kemajuan perusahaan dalam mencapai tujuan yang diproklamirkan sendiri untuk menjadi netral karbon pada tahun 2030.

Dilansir dari Engadget (3/7), Google melepaskan 14,3 juta metrik ton karbon dioksida pada tahun 2023, 48 persen lebih tinggi dibandingkan tahun 2019, dan 13 persen lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya.

“Hasil ini terutama disebabkan oleh peningkatan konsumsi energi pusat data dan emisi rantai pasokan,” kata Google dalam laporannya. “Seiring dengan semakin terintegrasinya AI ke dalam produk kami, pengurangan emisi mungkin menjadi tantangan karena meningkatnya permintaan energi terkait dengan perkiraan peningkatan investasi infrastruktur teknis kami.”

Laporan Google menyoroti dampak peningkatan AI terhadap lingkungan terhadap planet ini. Google, Microsoft, Amazon, Meta, Apple, dan perusahaan teknologi lainnya berencana menggelontorkan miliaran dolar untuk AI, namun pelatihan model AI memerlukan energi yang sangat besar. Penggunaan fitur AI juga menghabiskan banyak energi.

Pada tahun 2023, para peneliti di startup AI Hugging Face dan Carnegie Mellon University menemukan bahwa menghasilkan satu gambar menggunakan AI dapat menggunakan energi yang sama besarnya dengan mengisi daya ponsel cerdas. Analis di Bernstein mengatakan bahwa AI akan “menggandakan tingkat pertumbuhan permintaan listrik AS dan total konsumsi dapat melampaui pasokan saat ini dalam dua tahun ke depan”.

Bulan lalu, Microsoft, yang juga berjanji untuk menjadi “negatif karbon” pada akhir dekade ini, melaporkan bahwa emisi gas rumah kacanya telah meningkat hampir 30 persen sejak tahun 2020 karena pembangunan pusat data.

Laporan Google menyebutkan bahwa pusat data perusahaan menggunakan lebih banyak air dibandingkan sebelumnya agar tetap dingin akibat beban kerja AI yang semakin besar. Beberapa dari beban kerja tersebut sejauh ini melibatkan Google Search, serta Gemini, chatbot bertenaga AI milik perusahaan tersebut, yang menghasilkan gambar-gambar Nazi yang beragam etnis.

Pada tahun 2023, pusat data Google mengonsumsi air 17 persen lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya. Jumlah tersebut berarti 6,1 miliar liter, cukup untuk mengairi sekitar 41 lapangan golf setiap tahunnya di Amerika Serikat bagian barat daya, menurut ukuran perusahaan tersebut.

“Seiring dengan terus berkembangnya bisnis dan industri kami, kami memperkirakan total emisi GRK (gas rumah kaca) kami akan meningkat sebelum turun menuju target pengurangan emisi absolut kami,” kata laporan Google, tanpa menjelaskan apa yang menyebabkan penurunan tersebut.

“Memprediksi dampak AI terhadap lingkungan di masa depan adalah hal yang rumit dan terus berkembang, dan tren historis kita mungkin tidak sepenuhnya menggambarkan arah AI di masa depan. Saat kami mengintegrasikan AI secara mendalam ke dalam portofolio produk kami, perbedaan antara AI dan beban kerja lainnya tidak akan berarti lagi.”

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin