Google Akan Hapus Aplikasi Tak Berguna di Play Store • Jagat Gadget

 

Google Akan Hapus Aplikasi Tak Berguna di Play Store • Jagat Gadget

Google mengumumkan bakal mulai menghapus aplikasi yang tidak berguna dan berkualitas rendah di toko aplikasi mereka Play Store. Kebijakan tersebut akan mulai dijalankan pada 31 Agustus 2024.

google play-store-

Jenis aplikasi dimaksud adalah aplikasi statis yang tidak menawarkan fungsi spesifik, aplikasi yang tidak menawarkan banyak interaksi, hingga aplikasi yang tidak memberikan fungsi dasar dengan baik.

Beberapa contohnya adalah aplikasi yang hanya menampilkan teks seperti aplikasi PDF atau aplikasi yang cuma menampilkan satu wallpaper. Di samping itu, aplikasi yang sering crash dan tidak responsif juga bakal terjaring “razia” dari Google.

Selain meningkatkan pengalaman pengguna, kebijakan baru Google yang lebih ketat ini juga sekaligus sebagai langkah untuk mengurangi aplikasi yang berpotensi memiliki celah keamanan. Google juga kini mewajibkan pengembang untuk menghapus kode pihak ketiga dari penyedia yang diketahui menyebarkan malware.

Belakangan Google memang mulai semakin ketat terkait perizinan aplikasi yang beredar di Play Store. Dilaporkan ada sekitar 200 ribu aplikasi yang ditolak untuk diterbitkan di Play Store tahun lalu, sementara pemilik Android tersebut juga telah mencekal sekitar 333 ribu akun yang melakukan pelanggaran kebijakan termasuk penyebaran malware.

Keamanan untuk OS Android-nya sendiri juga terus ditingkatkan. Pada Android 15, Google memperkenalkan fitur bernama “Live Threat Detection” yang bakal menggunakan AI untuk menemukan dan menghapus aplikasi dari smartphone secara cepat. Fitur ini akan memeriksa perilaku aplikasi dan interaksinya dengan aplikasi lain untuk menjaga perangkat kalian tetap aman.

Sumber

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)