Google Chrome akan Izinkan Aplikasi Web Terisolasi Mengakses Perangkat USB Sensitif | WinPoin

 

Google Chrome akan Izinkan Aplikasi Web Terisolasi Mengakses Perangkat USB Sensitif | WinPoin

Google kali ini tampaknya tengah mengerjakan fitur baru yang disebut dengan Unrestricted WebUSB yang memungkinkan aplikasi web sandbox tepercaya melewati batasan keamanan di API WebUSB.

WebUSB sendiri merupakan API JavaScript yang memungkinkan aplikasi web mengakses perangkat USB lokal di perangkat komputer, dimana spesifikasi WebUSB mencakup kelas antarmuka tertentu yang dilindungi dari aplikasi web untuk mencegah skrip jahat mengakses data yang berpotensi sensitif.

Daftar interface classes yang dilindungi tersebut mencakup HID (Human Interface Device), Mass Storage, Smart Card, Video, Audio/Video, dan Wireless Controller. Selain itu, spesifikasi WebUSB menyertakan blacklist perangkat USB tertentu yang tidak dapat dilindungi dari akses API, seperti YubiKeys, Google Titan keys, dan Feitian security keys yang digunakan untuk multi-factor authentication.

Menurut Google (via Bleeping Computer), mereka mencatat bahwa spesifikasi WebUSB mendefinisikan blacklist perangkat yang rentan dan tabel classes interface yang dilindungi yang diblokir dari akses melalui WebUSB.

Jadi dengan itu, ketika aplikasi dengan izin mencoba mengakses perangkat USB, sistem akan terlebih dahulu memeriksa apakah perangkat tersebut ada dalam blacklist atau daftar hitam perangkat yang rentan. Jika iya maka perangkat tersebut biasanya dihapus dari daftar akses. Namun, pembatasan ini akan dilewati oleh aplikasi web dengan izin “usb-unrestricted”.

Sistem juga kemudian akan memeriksa apakah perangkat tersebut ada dalam daftar perangkat yang diizinkan untuk aplikasi tersebut, dimana ini akan memastikan bahwa interface yang dapat diakses ditandai sebagai dilindungi.

Tujuan dari adanya fitur ini tentu adalah untuk memungkinkan aplikasi web sandbox tepercaya mengakses perangkat USB yang lebih luas, sehingga memberikan fungsionalitas yang lebih baik.

Mulai Diuji di Chrome 128

Nah fitur Unrestricted WebUSB ini sendiri kabarkan tengah diuji di Google Chrome versi 128 yang direncanakan akan mulai tersedia dibulan Agustus 2028 nanti.

Fitur ini mungkin tidak akan terlalu sering digunakan pengguna, namun bagi developer dan pengguna yang sering menginstall atau menggunakan aplikasi web sandbox dan mengakses perangkat USB darisana tentu ini adalah sebuah peningkatan yang menarik untuk dicoba.

Via : Bleeping Computer

Written by

Penulis, Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin