Jangan Pakai Admin#1234, Inilah Tips Membuat Password Yang Aman! | WinPoin

 

Jangan Pakai Admin#1234, Inilah Tips Membuat Password Yang Aman! | WinPoin

Kamu ingin membuat password atau kata sandi yang super kuat? aman dari bruteforce dan tidak mudah diingat oleh orang lain?. Berikut WinPoin rangkum langkah singakt untuk membuat password kamu kuat tanpa takut mudah ditebak orang lain.

Hindari Password Yang Mudah Ditebak

Salah satu hal paling utama yang kamu perlu perhatikan adalah dengan tidak menggunakan kata sandi umum seperti 12345678”, “qwerty” atau “Admin#1234”, karena kombinasi seperti itu cukup rentan diera serba modern ini.

Setidaknya gunakanlah minimal 12 kombinasi antara huruf kapital, angka dan karakter, misalkan seperti “!rV%3kvjBV6xL!”.

Gunakan Password Berbeda Disetiap Akun

Sebisa mungkin, gunakan password atau kata sandi berbeda pada semua akun yang kamu miliki, misalkan Facebook menggunakan kata sandi “!rV%3kvjBV6xL!”, Instagram menggunakan “kuR4jKnR93FW” dan Twitter / X menggunakan “E*3$66ozST7#fD”.

Jangan pernah gunakan satu kata sandi yang sama karena seandainya satu akun terbobol, maka itu akan membuat orang lain dengan mudah menebak akun lain yang kamu punya.

Aktifkan Verifikasi Dua Langkah

Jika kamu login dengan menggunakan akun Google atau Microsoft, pastikan verifikasi dua langkah pada akun tersebut telah aktif, pada umumnya kita memang ingin login dengan cepat tanpa harus mengingat banyak kata sandi, dan solusinya tentu login dengan akun yang telah ada misalkan login dengan Google, Facebook atau layanan lainnya.

Namun sering kali pengguna lupa metode keamanan kedua yang sama pentingnya, yaitu verifikasi dua langkah. Jika diaktifkan, seandainya kata sandi akun utama telah ditebak, orang asing tidak akan dengan mudah masuk ke akun utama kita karena mereka harus memasukan kode OTP atau kode dari aplikasi Authenticator.

Saran saya, selain OTP yang terhubung ke nomer handphone, gunakan juga aplikasi seperti Google Authenticator atau Microsoft Authenticator karena itu juga berfungsi sama seperti OTP pada umumnya.

Ubah Password Secara Rutin

Meskipun kita telah membuat kata sandi / password dengan sangat aman, terkadang ada beberapa situs yang memang telah bocor ke publik, atau istilahnya telah ter Compromised, kamu bisa cek situs https://haveibeenpwned.com/ untuk melihat situs apakah yang telah mengalami kebocoran data dan silahkan kamu ubah password dari situs yang akan tampil disana.

Selain itu, silahkan kamu ubah juga password secara rutin minimal 1 bulan sekali untuk keamanan maksimal.

Gunakan Password Manager

Agar kamu tidak lupa dengan password unik yang telah kamu buat, kamu bisa menyimpannya dalam sebuah text book fisik yang dapat kamu simpan di tempat yang aman, namun untuk cara yang lebih mudah dan bisa kamu akses darimana saja kamu bisa memanfaatkan Password manager seperti Lastpass, 1Password atau BitWardern,selain dapat membuat password generator, layanan tersebut juga dapat menyimpan password dengan aman.

Baca Juga : BitWarden, Aplikasi Password Manager Alternatif Pengganti LastPass

Pastikan kamu menggunakan Password Manager terpercaya karena bahkan dulu LastPass sempat mengalami kebocoran data, beruntungnya data pengguna masih aman.

Beberapa tips diatas tentunya dapat kamu praktikan untuk membuat akun kamu aman dari hal yang tidak diinginkan. Namun jangan lupa dengan fakta bahwa bahkan dengan akun yang super kuatpun jika kita ceroboh dan tidak aware akan apa yang kita lakukan di Internet, kita dapat terjebak dan bisa saja tetap kehilangan akun atau data yang kita miliki.

Jadi, semuanya kembali ke pengguna itu sendiri, hindari situs yang mencurigakan, jangan sembarangan install aplikasi, dan jangan sembarangan mengisi form yang ada.

Semoga bermanfaat dan semoga kita tetap aman guys.

Written by

Penulis, Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan.

Post navigation

Previous Post

Next Post

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)