Skip to main content

Ad Code

728
728

Microsoft Eror, Kemenhub Sebut Sistem IT AirAsia dan Citilink Sudah Normal - Kompas

 Microsoft Eror, Kemenhub Sebut Sistem IT AirAsia dan Citilink Sudah Normal



1:53 Estimated 395 Words ID Language

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Ditjen Perhubungan Udara menyatakan sistem teknologi informasi (IT) maskapai penerbangan AirAsia Indonesia dan Citilink sudah normal kembali, setelah mengalami gangguan akibat sistem operasi Windows Microsoft mengalami eror.

Kepala Bagian Kerja Sama Internasional, Humas dan Umum Ditjen Perhubungan Udara Mokhammad Khusnu mengatakan, gangguan sistem IT memang terjadi secara global.

Di Indonesia, gangguan sistem IT terjadi di beberapa sistem check-in milik beberapa maskapai seperti Citilink, Scoot Airlines, AirAsia dan Indigo, mengingat sistem tersebut terhubung dengan provider sistem secara global.

Baca juga: Microsoft Eror, AirAsia Layani Penumpang secara Manual

Namun Khusnu bilang, pada Sabtu (20/7/2024), Sistem Navatier yang digunakan untuk pelayanan check-in tersebut telah kembali normal. Terutama pada dua maskapai nasional yakni AirAsia Indonesia dan Citilink.

"Proses operasional pelayanan check in sejak flight pertama baik citilink maupun air asia sudah menggunakan sistem dan berjalan lancar," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (20/7/2024).

Menurutnya, langkah antisipasi telah dilakukan sejak terjadinya gangguan IT, yakni dengan melayani proses check-in secara manual, membuka lebih banyak check-in counter serta menghimbau agar para penumpang berangkat lebih awal.

Baca juga: Setelah Investasi di Indonesia, Microsoft Umumkan Bakal Buka Pusat Data Baru di Thailand

Meski begitu, ia memastikan, kondisi gangguan IT ini tidak mengganggu operasional operator penerbangan seperti PT Angkasa Pura Indonesia dan Airnav Indonesia.

"Angkasa Pura Indonesia (AP I dan AP II) serta Airnav Indonesia tetap menjalankan operasional penerbangan dengan normal dan tidak terdapat gangguan," kata Khusnu.

Terpisah, Pgs SVP of Corporate Secretary AP II Cin Asmoro mengatakan, sistem IT milik AP II yang menjadi operator di 20 bandara sama sekali tidak mengalami gangguan atau tetap normal.

Baca juga: Microsoft Bagikan Cara Atasi Error Blue Screen Windows akibat CrowdStrike

Sementara itu, untuk sistem IT milik maskapai penerbangan AirAsia Indonesia dan Citilink sudah kembali normal.

Menurutnya, pada pagi tadi, seluruh bandara AP II melaporkan bahwa sistem IT AirAsia Indonesia dan Citilink sudah dapat digunakan kembali untuk memproses keberangkatan penumpang pesawat.

"Pada pagi ini, 20 Juli 2024, sistem IT beberapa maskapai tersebut sudah kembali normal. Seluruh maskapai sudah memproses keberangkatan penumpang pesawat dengan menggunakan sistem IT mereka," ujar Cin Asmoro.

Baca juga: Microsoft Gangguan, Layanan Penerbangan dan Bisnis di Berbagai Negara Terhenti

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Posting Komentar

0 Komentar

Kunjungi Juga

powered by Surfing Waves

Tips & Tricks

728