Mozilla Rilis Firefox 128, Inilah Fitur Barunya! | WinPoin

 

Mozilla Rilis Firefox 128, Inilah Fitur Barunya! | WinPoin

Beberapa waktu lalu Mozilla akhirnya merilis browser Mozilla Firefox versi 128 dimana dalam rilis ini ada sejumlah peningkatan menarik yang akan kita dapatkan, salah satunya adalah dialog clear browsing data baru, dukungan JPEG-XL image dan beberapa lainnya.

Sebelum kita bahas fitur baru-nya, perlu diketahui bahwa Firefox 128 ini juga tersedia dalam versi ESR yang merupakan versi khusus dengan dukungan update yang cukup lama. Selain itu, meskipun versi ESR 128 telah dirilis, itu tidak menggantikan versi ESR 115 karena versi tersebut akan mendapatkan setidaknya dua kali update lagi dimasa depan yaitu ESR versi 115.14 dan versi 115.15.

Fitur Baru di Firefox 128

Selain telah membawa sejumlah fitur baru dari versi sebelumnya termasuk adanya opsi “V” menu pada daftar semua tab di jendela Firefox, melalui versi 128 ini Mozilla memperkenalkan peningkatan pada fitur terjemahan dimana kini kita bisa melakukan terjemahan pada teks terpilih saja.

Fitur ini bisa kita akses dengan cara memilih teks pada sebuah situs web kemudian klik kanan untuk menampilkan context menu, setelah itu pilih translate selections to english / bahasa lainnya yang didukung.

Peningkatan fitur yang kedua adalah adanya tampilan clear browsing data baru dengan tampilan yang lebih sederhana dengan adanya informasi mengenai berapa ukuran yang dihapus.

Yang ketiga ada peningkatan pada URL bar dimana kini jendela drop down yang akan muncul ketika kita mengetik sesuatu akan menampilkan kata kunci populer.

Selain itu, terdapat beberapa perbaikan lain termasuk perbaikan pada 20 kerentanan, di mana 8 di antaranya telah ditandai sebagai berbahaya. Oleh karena itu, bagi para pengguna Firefox, sangat disarankan untuk segera memperbarui browser ke versi terbaru ini.

Berikut adalah beberapa peningkatan lainnya :

  • Private Browsing mode allows you to play protected content from streaming services such as Netflix.
  • When connecting via a SOCKS5 proxy, the browser will route DNS requests via the same proxy. For SOCKS4, DNS requests are still sent through the local resolver.
  • Firefox 128 is an updated dialog for clearing user data, which was originally planned for Firefox 126 but required more work to reach the stable version. The new dialog makes it easy to clear your browsing history, cookies, site data, site settings, and temporary cached files or pages
  • On-the-fly rendering of various types of content with text/* MIME types is provided, without the need to pre-load such files before viewing.
  • Added support for image/jxl MIME type. To make Firefox display JPEG-XL images, set image.jxl.enabled to true in about:config.
  • The Android version on devices running Android 14 and later allows the creation and use of Passkeys in third-party passwordless authentication management apps using biometric identifiers such as fingerprint or facial recognition.

Baca Juga : Cara Aktifkan Widget Cuaca di Halaman New Tab Firefox

Perlu kamu tahu, versi ini harusnya telah kamu dapatkan secara otomatis, namun jika belum kamu dapat masuk ke halaman about Firefox untuk memperbarui browser secara manual.

Via : Firefox

Written by

Penulis, Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan.

Post navigation

Previous Post

Next Post

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)