Pemerintah Jepang Nyatakan Menang Perang Melawan Disket, Tak Lagi Dipakai di Sistem Administrasi - Jawa Pos

 

Pemerintah Jepang Nyatakan Menang Perang Melawan Disket, Tak Lagi Dipakai di Sistem Administrasi - Jawa Pos

JawaPos.com - Jika Anda berusia 20-an, kemungkinan besar Anda tidak tahu apa itu floppy disk atau disket. Sebuah alat penyimpanan sebesar 1,44 mb sebelum CD, DVD, flash drive, dan SSD populer digunakan.

Meskipun sebagian besar dunia telah lama meninggalkan floppy disk, dan Jepang dikenal sebagai pusat teknologi, ternyata sistem dalam negeri mereka tertinggal jauh dibandingkan negara-negara maju lainnya.

Jepang masih menggunakan disket hingga baru-baru ini aturan tersebut mulai dihapus. Dilansir dari Reuters, pemerintah Jepang akhirnya menghapus penggunaan floppy disk dalam semua sistemnya.

Baca Juga: Keluarga Mendiang Vina Cirebon Dukung Para Terpidana Ajukan PK, Hotman: Kami Netral  

"Kami telah memenangkan perang melawan disket pada 28 Juni!," ujar Menteri Digital Jepang Taro Kono.

Langkah besar itu dilakukan setelah pemerintah Jepang membentuk Japan's Digital Agency yang baru dibentuk saat Covid-19 melanda pada 2021. Badan Digital Jepang itu lantas menghapus lebih dari 1.034 regulasi terkait penggunaan disket di pemerintahan Jepang.

Badan Digital itu sengaja dibentuk dengan tujuan mendorong kemajuan digital di Jepang. Taro Kono juga akan menghapus penggunaan mesin faks dan teknologi analog lainnya di pemerintahan.

Apa itu Disket atau Floppy Disk?

Disket adalah bagian penting dari sejarah komputasi, namun dengan kemajuan teknologi, penggunaannya telah digantikan oleh media penyimpanan yang lebih efisien dan berkapasitas lebih besar. Keputusan Jepang untuk beralih dari floppy disk menandai langkah penting dalam modernisasi sistem digital negara tersebut.

Baca Juga: Harga Tiket, Cara Beli, dan Fasilitas Lengkap GIIAS 2024 di ICE BSD

Generasi Awal: Floppy disk pertama kali diperkenalkan oleh IBM pada tahun 1967 sebagai media penyimpanan data portabel.

Ukuran Awal: Floppy disk pertama berukuran 8 inci, kemudian diikuti oleh ukuran 5,25 inci dan 3,5 inci yang lebih populer.

Kapasitas Penyimpanan: Floppy disk awalnya hanya mampu menyimpan 80 kilobyte data, namun versi 3,5 inci yang lebih baru dapat menyimpan hingga 1,44 megabyte.

Penggunaan: Floppy disk menjadi standar untuk penyimpanan dan transfer data selama beberapa dekade hingga pertengahan 1990-an.

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)