Respon Kerasnya Sanksi AS, Huawei Siap Buka Fasilitas R&D Senilai $1,4 Miliar - Selular.ID

 

Respon Kerasnya Sanksi AS, Huawei Siap Buka Fasilitas R&D Senilai $1,4 Miliar - Selular.ID

Penulis:
Selular.ID - Fasilitas baru ini merupakan pusat R&D Huawei yang terbesar dan paling banyak berinvestasi secara global.
Editor in Chief

Selular.ID – Fasilitas penelitian dan pengembangan (Litbang) atau R&D terbaru Huawei senilai $1,4 miliar di Shanghai akan mulai beroperasi tahun ini, ungkap pemerintah setempat.

Pusat Litbang Danau Lianqiu Huawei adalah pusat Pusat Inovasi Sains dan Teknologi Xicen, yang terletak di Zona Percontohan Integrasi Delta Sungai Yangtze.

Huawei berencana menjadikan lokasi tersebut sebagai rumah bagi penelitian inovatif seputar semikonduktor dan teknologi canggih termasuk 5G, AI, dan cloud.

Pihak berwenang menyatakan bahwa lokasi tersebut, yang pertama kali diumumkan pada 2019, tersebar di area seluas lebih dari 2 juta kilometer persegi di distrik Qingpu.

Fasilitas yang disebut sebagai Campus oleh Huawei itu, akan menampung 30.000 personel dan memiliki jalan raya serta jaringan kereta api sendiri.

Memberikan rincian lebih lanjut, pemerintah menjelaskan bahwa fasilitas tersebut mencakup tujuh “klaster arsitektur” dengan kampus perguruan tinggi dan sebuah alun-alun, dan menambahkan bahwa lokasi tersebut dirancang untuk membangun “komunitas industri yang terdiversifikasi”.

Fasilitas baru ini merupakan pusat R&D Huawei yang terbesar dan paling banyak berinvestasi secara global. Sekaligus diharapkan dapat menarik “talenta terbaik” untuk membantu vendor mencapai terobosan dalam teknologi utama, seperti 5G dan komputasi awan.

Huawei perlu memperkuat penelitian dan pengembangannya, terutama karena mereka menanggung beban sanksi Amerika dalam perang chip yang sedang berlangsung antara Beijing dan Washington.

Rincian mengenai proyek ini pertama kali muncul lima tahun lalu. Saat itu media terkemuka Hong Kong, South China Morning Post melaporkan bahwa situs tersebut akan fokus pada pengembangan semikonduktor, IoT, dan teknologi nirkabel.

Pendiri Huawei Ren Zhengfei mengatakan kepada stafnya pada 2021 bahwa dia membayangkan “suasana yang cocok bagi ilmuwan asing untuk bekerja dan tinggal”.

Kampus penelitian dan pengembangan yang bernilai miliaran dolar ini juga merupakan upaya Huawei untuk meningkatkan kemandiriannya dan mengembangkan teknologi dalam negeri, karena pembatasan perdagangan AS yang telah diterapkan sejak pertengahan 2019. .

Dengan menggabungkan banyak pusat penelitian dan pengembangan menjadi satu monolit, perusahaan dapat menyederhanakan operasinya dan membuat kolaborasi antar departemen menjadi lebih mudah.

Proyek andalan ini juga menunjukkan seberapa besar investasi Huawei pada teknologi masa depan. Pusat Penelitian dan Pengembangan Danau Lianqiu Huawei begitu besar sehingga melampaui fasilitas beberapa perusahaan teknologi terbesar di dunia.

Area luas yang dicakup oleh proyek ini lebih besar dari gabungan Apple Park dan Microsoft Redmond Campus, yang masing-masing hanya berukuran 175 hektar dan 502 hektar.

Selain berinvestasi di bidang perkantoran dan real estat, Huawei juga melakukan yang terbaik untuk menarik talenta-talenta terbaik.

Huawei menawarkan paket gaji yang kompetitif, terutama karena mereka tidak bisa lagi mempekerjakan warga negara Amerika dan pemegang kartu hijau.

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)