Beragam Program AWS Dukung Perkembangan Generative AI • Jagat Review

 

Beragam Program AWS Dukung Perkembangan Generative AI • Jagat Review

AWS, penyedia layanan cloud dari Amazon, terus menunjukkan komitmen mereka untuk mendukung perkembangan generative AI secara global termasuk di Indonesia. AWS menginisiasi sejumlah program guna membantu startup di seluruh dunia dalam menciptakan aplikasi generative AI dengan memanfaatkan layanan dan infrastruktur komprehensif milik AWS.

aws generative ai

AWS Generative AI Spotlight

Salah satunya adalah program akselerator selama empat minggu yakni AWS Generative AI Spotlight. Lewat program tersebut, AWS akan membantu startup terpilih untuk mempercepat pemahaman dan penguasaan mereka terhadap alat dan layanan generative AI dari AWS, termasuk dukungan teknis serta keahlian dari pakar industri, founder, hingga investor.

AWS Generative AI Spotlight telah membantu total 150 startup pemula di wilayah APJ (Asia Pasifik dan Jepang). Lebih detail, ada 25 dari Australia dan Selandia Baru, 40 dari India, 15 dari Korea Selatan, 15 dari Jepang, dan 25 dari ASEAN dengan 11 startup di antaranya berasal dari Indonesia yang berhasil dibina untuk berhasil membangun aplikasi generative AI.

Sediakan Lebih dari 100 Program Kursus

AWS percaya bahwa perkembangan generative AI dapat didorong lebih jauh dengan menjadikan pelatihan dan pendidikan keterampilan AI dan ML (machine learning) dapat diakses oleh semua orang. Oleh karena itu, AWS juga menawarkan lebih dari 100 program kursus serta sumber belajar berbiaya rendah dan bahkan gratis lewat platform AWS Skill Builder dan AWS Educate.

Lebih menariknya lagi lewat komitmen “AI Ready” yang diinisiasi oleh AWS sejak 2023 lalu, mereka bertujuan untuk menyediakan pelatihan dan keterampilan AI secara gratis kepada 2 juta orang pada tahun 2025. Diharapkan upaya tersebut dapat membuka potensi penuh dari AI, dengan pendidikan AI yang terbuka lebar dan bisa diakses oleh siapa saja yang ingin belajar.

Layanan Generative AI AWS

AWS sendiri memiliki sejumlah layanan untuk startup dan bisnis mengembangkan aplikasi generative AI. Di antaranya adalah Amazon BedrockAmazon QAmazon SageMakerAWS HealthScribeAWS Trainium, dan AWS Inferentia, yang bisa menjadi solusi untuk mempercepat pertumbuhan bisnis dan mungkin inovasi baru yang belum ada sebelumnya.

Salah dua startup di Indonesia yang memanfaatkan layanan dari AWS untuk mengembangkan aplikasi generative AI mereka adalah Klinik Pintar dan meeting.ai. Klinik Pintar, platform klinik digital, memanfaatkan Amazon Bedrock untuk membangun ekosistem lengkap alat medis cerdas untuk lebih dari 300 pengguna sistem klinik mereka di Indonesia.

Sementara itu, meeting.ai adalah startup SaaS yang memberdayakan pengguna untuk merekam, mentranskripsikan, dan mengekstrak wawasan berharga dari pertemuan dengan akurasi transkrip hingga 97% dalam bahasa Indonesia. Mereka juga memanfaatkan Amazon Bedrock, dengan dukungan model Claude 3 Haiku dan Sonet.

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)