Berapa Durasi Screen Time yang Direkomendasikan? Ini Penjelasan Lengkapnya - detik

 

Berapa Durasi Screen Time yang Direkomendasikan? Ini Penjelasan Lengkapnya

Surabaya 

- Perkembangan teknologi saat ini semakin pesat. Hal ini membuat manusia tidak bisa lepas dari perangkat elektronik, termasuk smartphone.

Kehadiran berbagai perangkat elektronik bagaikan pisau bermata dua. Di balik kelebihannya yang mempermudah komunikasi dan pekerjaan, durasi screen time pada penggunaan smartphone secara berlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatan.


Apa itu Screen Time?

Dilansir dari laman Universitas Prasetiya Mulia, screen time adalah rata-rata waktu yang digunakan untuk menatap layar smartphone, laptop, maupun televisi. Durasi screen time yang terlalu lama dapat berefek buruk bagi kesehatan.

Gangguan kesehatan yang muncul bisa berupa gangguan tidur, obesitas, sakit leher dan punggung, hingga mengalami depresi. Efek ini dapat berdampak bagi segala usia, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.

Berdasarkan Portal Informasi Indonesia, rata-rata screen time masyarakat Indonesia menyentuh angka lebih dari enam jam setiap harinya. Ini merupakan angka yang tinggi.


Durasi Screen Time Ideal

Pada dasarnya, tidak ada angka pasti mengenai durasi screen time ideal bagi orang dewasa. Namun, para ahli mengatakan bahwa orang dewasa harus membatasi screen time setiap harinya.

Dihimpun dari Reid Health, screen time di luar pekerjaan harus dibatasi menjadi kurang dari dua jam per hari. Sebab, waktu setelah bekerja dapat dimanfaatkan dengan aktivitas fisik.

Hal ini karena terdapat bukti jelas bahwa menatap layar terlalu lama dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Sebuah penelitian mengungkapkan, seseorang yang menghabiskan lebih dari enam jam per hari untuk menonton lahyar memiliki risiko terkena depresi lebih tinggi.

Sementara, membatasi penggunaan media sosial hingga 30 menit setiap harinya menghasilkan peningkatan kesejahteraan yang signifikan.


Tips Mengurangi Screen Time

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi durasi screen time. Berikut ini tipsnya.

1. Matikan notifikasi

Notifikasi merupakan pesan dari aplikasi tertentu yang muncul pada layar smartphone. Munculnya notifikasi dapat memicu untuk tetap terfokus pada ponsel.

Oleh karena itu, mematikan notifikasi bisa menjadi langkah tepat untuk mengurangi screen time.


2. Gunakan pengatur waktu

Langkah selanjutnya adalah dengan menggunakan pengatur waktu. Saat pengatur waktu berbunyi, matikan perangkat yang digunakan.

Setelah itu, cobalah untuk mereganggkan tubuh dengan berjalan-jalan atau olahraga ringan.

3. Tinggalkan smartphone di luar kamar tidur

Mayoritas orang memiliki durasi screen time yang tinggi salah satunya karena penggunaan ponsel di tempat tidur. Ini terjadi sesaat sebelum tidur atau bahkan setelah bangun di pagi hari. Penggunaan ponsel di tempat tidur ini dapat mengganggu kualitas tidur.

Terlebih, kebiasaan ini bisa menambah waktu pemakaian ponsel secara signifikan. Oleh karena itu, tinggalkan smartphone di luar kamar tidur untuk mencegah peningkatan screen time.

Alih-alih menggunakan ponsel, menggunakan jam alarm bisa menjadi alternatif untuk bisa terbangun setiap pagi.


Artikel ini ditulis oleh Alifia Kamila, peserta Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di detikcom.

Simak Video "Umur Berapakah Sebenarnya Anak Boleh Terpapar Gadget? Ini Kata Psikolog Soal Screen Time"



(irb/fat)

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)