Cara Unblock Akses Network Sharing di Firewall Kaspersky | WinPoin

 

Cara Unblock Akses Network Sharing di Firewall Kaspersky | WinPoin

Bagi kamu yang menggunakan anti malware dari Kaspersky seperti Kaspersky Standar atau Plus, tentunya kamu telah mendapatkan akses pengalaman Firewall bawaan aplikasi yang menurut saya lebih mudah kita atur dan sesuaikan dengan kebutuhan jika kita bandingkan dengan Windows Firewall.

Namun, ada satu hal yang tentunya cukup menyebalkan dengan Firewall ini dimana akses ke Network Sharing dalam jaringan lokal ikut diblokir sehingga Sharing Printer dan File tidak lagi dimungkinkan.

Lalu Bagaimana Cara Mengatasinya?

Nah jika kamu tidak dapat mengakses folder atau printer yang kamu sharing melalui jaringan, kamu dapat mengikuti beberapa langkah berikut:

Langkah 1. Pada perangkat yang memiliki aplikasi Kaspersky, silahkan kamu buka aplikasi Kaspersky yang kamu miliki, kemudian masuk ke Settings.

Langkah 2. Selanjutnya silahkan kamu klik Firewall > Available Networks.

Langkah 3. Selanjutnya silahkan pilih jaringan yang kamu gunakan, misalkan jaringan via Ethernet atau WiFi, setelah itu ubah dari Public menjadi Local Network atau Trusted.

Pastikan memilih sesuai dengan keperluan dimana jaringan kabel dan WiFi rumah kamu set saja ke Local, untuk jaringan kantor kamu bisa sesuaikan apakah itu akan Local atau Trusted. Sementara untuk jaringan publik seperti Caffee atau Fasilitas Publik lainnya, pastikan saja tetap Public agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Langkah 4. Setelah kamu atur, silahkan kamu simpan perubahan dan tutup aplikasi Kaspersky. Kini Network Sharing telah di unblock oleh Kaspersky dan kita dapat mengakses file atau printer yang kita bagikan seperti seharusnya.

Nah diatas adalah contoh ketika saya mengakses Network Sharing di Windows 11 melalui Android (Huawei Matepad 10.4), jika pengaturan diatas masih belum di atur, maka saya tidak dapat terkoneksi ke Network Sharing tersebut.

Dengan pengaturan diatas, kita juga jadi dapat mengakses berbagai fitur yang memutuhkan Network Sharing seperti bermain game via LAN bersama keluarga atau teman, atau lainnya.

Silahkan kamu coba guys, semoga artikel ini bermanfaat.

Written by

Penulis, Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan.

Post navigation

Previous Post

Next Post

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)