Gawat, Dual-boot Windows dan Linux Rusak Gara Gara Update Agustus 2024 - Winpoin

 

Gawat, Dual-boot Windows dan Linux Rusak Gara Gara Update Agustus 2024


  • Posted by
  • 2 min
Cara Dual Boot Ubuntu 16.04 LTS dan Windows 10 (Full Tutorial)

Satu minggu lalu Microsoft telah merilis Cumulative Update Bulan Agustus 2024 Untuk Windows 11 dan Windows 10 dimana melalui update tersebut Microsoft menghadirkan cukup banyak perbaikan dan peningkatan pada kedua sistem operasi tersebut.

Namun, baru baru ini muncul kabar bahwa ternyata update tersebut merusak system dual-boot pengguna Windows 10/11 dan Linux, dimana setelah pengguna menginstall update tersebut, pengguna tidak dapat melakukan boot ke Linux dengan adanya pesan “Something has gone seriously wrong”.

Kenapa hal ini bisa terjadi?, jadi menurut informasi dari GamingOnLinux dan Ars Technica, update ini dimaksudkan untuk memperbaiki kerentanan yang dikenal sebagai CVE-2022-2601. Kerentanan ini pertama kali ditemukan pada tahun 2022, dan akan memungkinkan hacker mengakses GRUB, boot loader Open Source, sehingga dengan itu mereka dapat mengakali fitur Secure Boot.

Nah Microsoft akhirnya merilis patch untuk masalah ini minggu lalu sebagai bagian dari Patch Tuesday Agustus 2024, namun sayangnya Patch tersebut tidak dimaksudkan untuk dipasang pada PC dual-boot dengan system Windows dan Linux, sehingga tentu sebagai akibatnya pengguna tidak dapat melakukan booting ke Linux dengan Secure Boot yang diaktifkan.

Alih alih masuk kedalam sistem dan grub linux, pengguna akan mendapati pesan “Verifying shim SBAT data failed: Security Policy Violation. Something has gone seriously wrong: SBAT self-check failed: Security Policy Violation”.

Sistem Yang Terpengaruh

Sementara ini, pengguna dual-boot yang telah menginstal sistem operasi berbasis Linux seperti Debian, Ubuntu, Linux Mint, Zorin OS, Elementary OS telah terpengaruh oleh masalah ini, sehingga jika kamu pengguna Dual-boot, direkomendasikan untuk tidak memperbarui sistem kamu untuk sementara.

Lalu apa solusinya bang?, nah meskipun awalnya Microsoft belum memberikan tanggapan apapun, kini mereka telah menyarankan pengguna dengan sistem Windows-Linux dual-boot untuk tidak melakukan restart Windows mereka untuk menerapkan Patch Tuesday Agustus 2024 dan menggunakan kunci registri tertentu untuk memblokir update.

Nah jika seandainya kamu telah terlanjur menerapkan update ini dan kamu tidak bisa masuk ke system linux, kamu bisa mencoba melakukan system restore. Dan jika seandainya masih belum berhasil, silahkan tunggu informasi lanjutan dari Microsoft.

Oh iya, Microsoft sendiri telah mengkonfirmasi masalah ini pada halaman Windows Health Dashboard mereka dengan informasi baru termasuk cara menggunakan Registry key untuk memblokir update. Jadi untuk sementara jangan dulu update guys.

Via : Microsoft

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)