Akibat Perselisihan, Banyak Lagu Dihapus dari Platform Youtube di US | WinPoin

 

Akibat Perselisihan, Banyak Lagu Dihapus dari Platform Youtube di US | WinPoin

Sebuah kabar menarik untuk kamu yang aktif menonton youtube apalagi untuk mendengarkan banyak musik disana, dimana baru baru ini dikabarkan bahwa Youtube tengah berselisih dengan SESAC.

Akibat perselisihan tersebut, banyak lagu populer di Youtube dan Youtube Music telah dihapus dari platform tersebut di Amerika Serikat, lagu tersebut mencakup lagu-lagu yang telah ditonton jutaan kali oleh pengguna termasuk Adele, Nirvana, Green Day, Kanye West, Britney Spears, dan banyak artis populer lainnya.

Menurut informasi dari The Verge, kabarnya YouTube tengah “berdiskusi aktif dengan SESAC dan berharap dapat mencapai kesepakatan baru sesegera mungkin.” bahkan, beberapa laporan mengonfirmasi bahwa banyak lagu populer kini menampilkan tanda seru yang menunjukkan bahwa lagu tersebut dapat diputar.

Apa itu SESAC?

SESAC adalah singkatan dari Society of European Stage Authors and Composers, yang didirikan pada tahun 1930 dan kemudian diakuisisi oleh Blackstone pada tahun 2017. Dan setidaknya ada sekitar 1.5 juta musik dari artis top yang telah dilisensikan oleh SESAC.

Menurut informasi dari Neowin, Youtube pada postingannya di X mengungkapkkan bahwa “perjanjian lisensi musik kami dengan SESAC telah berakhir tanpa kesepakatan mengenai ketentuan pembaruan meskipun kami telah berupaya sebaik mungkin. Karena alasan ini, kami perlu memblokir konten musik tertentu di YouTube di AS.”

Kami telah melakukan negosiasi dengan itikad baik dengan SESAC untuk memperbarui kesepakatan yang ada. Sayangnya, meskipun telah berupaya sebaik mungkin, kami tidak dapat mencapai kesepakatan yang adil sebelum berakhirnya kesepakatan. Kami menganggap hak cipta dengan sangat serius dan sebagai hasilnya, konten yang diwakili oleh SESAC tidak lagi tersedia di YouTube di AS. Kami sedang dalam pembicaraan aktif dengan SESAC dan berharap dapat mencapai kesepakatan baru sesegera mungkin.~ungkap Youtube

Meskipun begitu, mungkin saja penghapusan ini hanya terjadi di Amerika Serikat saja karena dalam pengujian yang saya lakukan beberapa music dari artis yang disebutkan diatas masih dapat diputar dengan tanpa ada masalah di Region Indonesia. Namun kita tidak tahu bagaimana nanti kedepannya, apakah itu akan berlaku secara global atau hanya di Region Eropa dan US saja.

Bagaimana menurutmu? coba komen dibawah guys.

Via : NeowinThe Verge9to5Google

Written by

Penulis, Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan.

Post navigation

Previous Post

Next Post

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)