Google Drive Dapatkan Opsi Restrict Access di Shared Folder | WinPoin

 

Google Drive Dapatkan Opsi Restrict Access di Shared Folder | WinPoin

Google Drive saat ini masih menjadi salah satu layanan cloud favorit diseluruh dunia termasuk di Indonesia, hal ini karena Google Drive tentu merupakan salah satu produk milik Google yang terintegrasi dengan layanan lainnya seperti Gmail.

Salah satu hal yang cukup saya suka dari Google Drive sendiri adalah selain karena integrasinya dengan layanan Google yang lain, Google Drive menyediakan kapasitas gratis sebesar 15 GB, lebih besar 10 GB daripada OneDrive milik Microsoft.

Mengenai Google Drive, baru baru ini Google akhirnya memperkenalkan opsi baru untuk membatasi akses ke folder dalam shared folder, dimana opsi ini adalah “Limit access to” yang dapat kamu pilih pada halaman Share > Settings.

Setelah itu, pengguna dapat memasukan user yang akan kamu berikan izin pada shared folder yang akan kamu bagikan.

Nah selanjutnya, folder dengan akses terbatas tersebut hanya dapat dibuka oleh orang yang telah ditambahkan langsung ke folder tersebut, sementara akses umum hanya dapat melihatnya tapi tidak dapat membukanya.

Today, we’re introducing a beta that allows shared drive managers to restrict folders to specific users within a shared drive. This provides shared drive managers with greater flexibility to keep relevant content within a single shared drive, while restricting access to shared folders with sensitive information.

A folder with “limited access” can only be opened by people who have been added to it directly. People with general access to the shared drive or shared folder can see the restricted folder in Drive, but will not be able to open it.

Folders with limited access are available in both shared drives and My Drive:

- Shared drive managers can always access folders with limited-access


- Folder owners can always access limited-access folders in their My Drive

Fitur dalam pengujian!

Untuk saat ini, fitur limited folder access ini masih dalam tahap beta dan pengujian, jika kamu tertarik untuk mencoba, kamu bisa mengisi form berikut untuk bergabung dalam program pengujian yang diberikan oleh Google.

Namun perlu diketahui bahwa fitur ini untuk sekarang masih dalam tahap uji coba khusus untuk pengguna akun admin domain Google Workspace. Jadi pengguna umum seperti kita mungkin harus menunggu waktu yang cukup lama hingga akhirnya fitur ini tersedia untuk kita coba.

Bagaimana menurutmu? fitur yang cukup menarik bukan? karena dengan fitur ini, kita bisa membagikan akses tertentu pada email khusus saja. Apalagi dalam lingkup perusahaan ini akan sangat bermanfaat banget deh.

Via : GoogleNeowin

Written by

Penulis, Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan.

Post navigation

Previous Post

Next Post

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)