Microsoft Janjikan Peningkatan Performa di Aplikasi Windows 11 Modern | WinPoin

 

Microsoft Janjikan Peningkatan Performa di Aplikasi Windows 11 Modern | WinPoin

Microsoft beberapa waktu lalu mengklaim bahwa aplikasi yang dibuat berbasiskan Windows App SDK kini dapat berjalan jauh lebih cepat di Windows 11. Dan menurut pengujian yang telah dilakukan, peningkatan waktu load bahkan lebih baik hingga 50% dan adanya pengurangan ukuran paket aplikasi hingga 8x.

Nah peningkatan performa ini sendiri sudah mulai diterapkan di aplikasi Photos seperti yang telah dilaporkan beberapa hari lalu dimana ada peningkatan performa ketika aplikasi tersebut dibuka dan dijalankan.

Sekilas bagi yang belum tahu,  Windows App SDK sendiri bukanlah sebuah framework, tetapi merupakan seperangkat alat yang menjembatani kesenjangan “API” antara aplikasi Win32 dan UWP. Alat / tool ini memungkinkan developer untuk menggunakan framework pilihan mereka seperti Win32, untuk membangun aplikasi Windows dengan akses ke API modern. Namun sayangnya ada kendala dimana aplikasi berbasis Windows App SDK bisa lambat diluncurkan.

Dengan itu, kita sudah tahu persis kenapa aplikasi modern terkesan lebih lambat, misalkan aplikasi Photos, Calculator, dan Media Player yang memang terkesan lebih lambat dibandingkan aplikasi Win32 seperti Windows Photo Viewer, Calculator Classic atau Windows Media Player lama. Apalagi bagian spash screen yang tampil cenderung cukup membutuhkan waktu hingga akhirnya menghilang dan aplikasi terbuka.

Peningkatan Akan Segera Hadir!

Menurut informasi dari Microsoft, dalam pembaruan Windows App SDK versi 1.6 yang dirilis beberapa waktu lalu, mereka menjanjikan akan adanya peningkatan performa untuk semua aplikasi yang dibuat berbasiskan Windows App SDK, dimana aplikasi tersebut adalah aplikasi Modern seperti Microsoft Photos, Media Player dan lain sebagainya.

Selain itu kabarnya Windows App SDK kini mendukung “Native AOT”, yang merujuk pada kompilasi Ahead-Of-Time (AOT) native. Bagi yang tidak tahu, Itu adalah sesuatu yang hanya dapat diterapkan oleh developer aplikasi saat mengompilasi aplikasi mereka. Dengan itu aplikasi yang diperbarui memiliki waktu loading yang lebih cepat, dan juga mengonsumsi lebih sedikit memori.

Berikut hal yang baru terungkap berdasarkan informasi dari Microsoft :

  • Pengujian awal menunjukkan beberapa peningkatan kinerja yang menarik, termasuk:
  • Aplikasi yang menggunakan Windows App SDK dalam mode mandiri juga dua kali lebih kecil.
  • Dalam pengujian awal, Microsoft mengamati waktu peluncuran 50% lebih cepat.
  • Paket aplikasi kini 8x lebih kecil.

Namun apakah peningkatan ini akan signifikan? mari kita lihat nanti tetapi yang jelas adalah performa aplikasi Win32 tetap tidak bisa dibandingkan dengan aplikasi baru yang dibuat dengan Windows App SDK. Contohnya File Explorer baru yang terkesan lebih lambat jika dibandingkan dengan File Explorer di Windows 10 era awal atau Windows 7 dan 8.

Bagaimana menurutmu? coba komen dibawah guys.

Written by

Penulis, Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan.

Post navigation

Previous Post

Next Post

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)