Pelan Tapi Pasti Xiaomi Kini Rajai Pasar Smartphone Indonesia - KORANPALPRES.COM

 

Pelan Tapi Pasti Xiaomi Kini Rajai Pasar Smartphone Indonesia

Reporter: Eko Wahyudi |
Editor: Eko Wahyudi |
Senin , 02 Sep 2024 - 09:56

Xiaomi Redmi Note 13 series turut memabantu Xiaomi menjadi merek Ponsel terlaris. -xiamiu-

PALEMBANG, KORANPALPRES.COM - Pelan tapi pasti, tampaknya seperti itulah Xiaomi kini menjadi penguasa pasar smartphone Indonesia. Setidaknya hal itu menurut laporan terbaru Canalys.

Mulai terjadi pergeseran untuk pasar smartphone paling laris di Indonesia, terutama pada caturwulan atau kuartal kedua (Q2) 2024 seiring dengan persaingan industri ponsel yang semakin sengit.

Meski demikian, dalam laporan terbaru Canalys, jejeran 'Top 5' smartphone paling laris di Indonesia masih merupakan nama-nama lama.

Pertumbuhan lima ponsel terlaris itu juga positif hanya saja terjadi perpindahan posisi. OPPO sebelum ini merajai pasar ponsel pintar Tanah Air harus rela tergeser ke posisi ke-2.

Pertumbuhan ponsel ini sebetulnya stabil 8 persen secara tahun-ke-tahun (yoy) dengan pangsa pasar 19 persen.

Saatnya Xiaomi menjadi raja smartphone baru di Indonesiadengan mencatat pertumbuhan signifikan sebesar 48 persen yoy dengan pangsa pasar 20 persen.

Vivo masih menempati urutan ketiga dengan pertumbuhan 18 persen yoy dan pangsa pasar 18 persen. Sedangkan pabrikan Korea Samsung naik ke posisi keempat mencatatkan pertumbuhan 10 persen yoy dan pangsa pasar 18 persen.

Lalu pada lima besar, ada Transsion dengan sejumlah merek seperti Infinix, Tecno, dan iTel menduduki posisi kelima dengan pertumbuhan 25 persen yoy dan pangsa pasar 15 persen.

Xiaomi memang terlihat bersemangat sejak awal tahun dan merilis portofolio smartphone kelas menengah ( mid-range ) ke bawah ( low-end ) di Indonesia. 

Seperti seri Redmi Note 13 yang meluncurkan lima varian sekaligus, yakni Redmi Note 13 4G, Redmi Note 13 5G, Redmi Note 13 Pro 4G, Redmi Note 13 Pro 5G, dan Redmi Note 13 Pro Plus 5G.

Sebetulnya secara umum penjualan smartphone di Indonesia tumbuh pesat sebanyak 27.4% YoY (Year on Year) atau 11.5% QoQ (Quarter over Quarter), menjadi sekitar 10 juta unit pada Q1 tahun 2024.

Salah satu pemicu tingginya pengiriman smartphone di Q1 2024 adalah meningkatnya permintaan sebab bulan Ramadan dan Idul Fitri hadir di awal tahun 2024.

Xiaomi Redmi Note 13 series turut memabantu Xiaomi menjadi merek Ponsel terlaris. -xiamiu-

Sehingga hal tersebut membuat banyak vendor hp menambah stok di pasar. Dengan demikian menyebabkan pertumbuhan dan membuat jumlah pengiriman lebih tinggi dibanding Q4 2023 yang hanya 6.1% YoY.

Sepanjang 2023 lalu, smartphone 5G di Indonesia tumbuh 31.5% YoY. Ketika itu pangsa pasar dikuasai oleh Samsung dengan pangsa pasar sebesar 17.1%. Pertumbuhan produk pabrikan Korea itu didorong oleh perluasan jangkauan produk 5G yang dijual.

Apalagi penjualan hp 5G semakin naik ketika harga lebih terjangkau dan kompetitif dibanding hp 4G.

Namun, ketersediaan hp 5G di seluruh Indonesia terhalang infrastruktur sehingga penetrasi hp 5G yang lambat di Indonesia membuat produsen berpikir ulang untuk meluncurkan varian 5G terbaru ke pasar.

Produsen tidak mau memaksakan distribusi banyak hp 5G,  sebab pasar Indonesia masih didominasi merk hp terbaik dunia yang punya spesifikasi kamera bagus dan kinerja multitasking kencang.

Pada persaingan itu Xiaomi menjadi merek ponsel terlaris di Indonesia pada kuartal kedua tahun 2024 dan  di tingkat global, Xiaomi berada di urutan ketiga dengan pangsa pasar 14,1%. 

Beberapa hal berikut yang harus diketahui tentang Xiaomi: 

• Xiaomi adalah merek ponsel asal China yang menyediakan berbagai tipe ponsel. 

• Xiaomi mempunyai seri Redmi Note yang memiliki kamera yang bagus. 

• Xiaomi juga mengeluarkan seri POCO yang harganya di bawah 5 juta dan tidak cepat panas saat digunakan untuk bermain game. 

• Xiaomi meluncurkan portofolio smartphone kelas menengah (mid-range) ke bawah (low-end) di Indonesia dengan salah satu seri yang dirilis Xiaomi adalah Redmi Note 13 yang membawa lima varian sekaligus. 

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)