Youtuber IShowSpeed Bingung Batik Diklaim Malaysia, Google Ungkap Asalnya dari Indonesia - Sindo news

 

Youtuber IShowSpeed Bingung Batik Diklaim Malaysia, Google Ungkap Asalnya dari Indonesia

YouTuber IShowSpeed mendapat batik dari penggemarnya saat berkunjung ke Malaysia. Ia pun menunjukkan hadiah yang diterimanya itu melalui kanal YouTube. Foto/YouTube IShowSpeed

JAKARTA 

- YouTuber

 IShowSpeed 

mendapat batik dari penggemarnya saat berkunjung ke

 Malaysia 

. Ia pun menunjukkan hadiah yang diterimanya itu melalui kanal YouTube pribadinya.

IShowSpeed juga terlihat langsung memakai batik penuh warna itu. Namun yang menarik perhatian dari video ini adalah, sang pemberi mengklaim batik berasal dari Malaysia dan merupakan pakaian teradisional negara tersebut.

"Saya punya hadiah untukmu. Ini merupakan pakaian tradisional Malaysia. Batik, batik," kata seorang pria yang memberikan beberapa potong kemeja batik pada IShowSpeed dikutip dari kanal YouTube pribadinya, Rabu (18/9/2024).

Seolah tak percaya dengan yang diucapkan penggemarnya, IShowSpeed langsung memeriksa asal batik melalui Google. Ternyata, ia menemukan bahwa batik merupakan warisan budaya asli Indonesia dan sudah terdaftar di UNESCO.

Baca Juga

Viral! Bos Batik Pekalongan Sebar Uang Rp35 Juta, Ribuan Warga Rebutan hingga Pingsan

Youtuber IShowSpeed Bingung Batik Diklaim Malaysia, Google Ungkap Asalnya dari Indonesia

Foto/YouTube IShowSpeed

"Batik dari Indonesia. Tunggu, ini dari Malaysia atau Indonesia. Pencarianku mengatakan ini dari Indonesia," jelasnya.

"Kenapa mereka mengatakan ini dari Malaysia?" sambungnya.

Merasa bingung, IShowSpeed pun sempat bertanya soal asal batik kepada sopir yang mengantarnya. Tapi, sang sopir yang berasal dari Malaysia mengungkap bahwa batik merupakan pakaian dari negaranya. Hal itu terciri dari corak bunga-bunga pada batik tersebut.

"Itu adalah batik Malaysia, itu merupakan pakaian formal kami," ucap sang sopir.

Baca Juga

Makna Tersirat di Balik Sarung Batik Presiden Jokowi saat Salat Iduladha

Setidaknya, IShowSpeed mendapakan tujuh potong batik dari seorang pria. Ia menuturkan batik tersebut memiliki corak yang hampir sama.

Jika diperhatikan, batik yang diterima sang youtuber terlihat memadukan beragam warna yang dipenuhi dengan gambar bunga dan daun-daun. Berbeda dengan batik Indonesia yang hanya fokus pada satu corak yang menandakan asal daerah batik tersebut berasal.

Lihat Juga: Lucinta Luna Disebut Youtuber AS Transgender dari Malaysia, Netizen Indonesia: Kalo Ini Klaim Aja Kita Ikhlas

(dra)

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)