Anindya Sebut Transportasi Publik Berbasis Listrik Langkah Konkret Tekan Emisi Karbon - IDX Channel

 

Anindya Sebut Transportasi Publik Berbasis Listrik Langkah Konkret Tekan Emisi Karbon - Bagian all

Anindya Bakrie menegaskan pentingnya transisi menuju transportasi publik berbasis listrik sebagai langkah mengurangi emisi karbon di Indonesia.

Anindya Sebut Transportasi Publik Berbasis Listrik Langkah Konkret Tekan Emisi Karbon. (Foto MNC Media)

Anindya Sebut Transportasi Publik Berbasis Listrik Langkah Konkret Tekan Emisi Karbon. (Foto MNC Media)

IDXChannel – Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Anindya Bakrie menegaskan pentingnya transisi menuju transportasi publik berbasis listrik sebagai langkah mengurangi emisi karbon di Indonesia.

"Emisi karbon yang ada di udara, sekalipun itu dari transportasi umum, tetap menjadi masalah besar. Transportasi publik menyumbang sekitar setengah dari total emisi transportasi secara umum," kata Anindya dalam acara Relawan Pengusaha Muda Nasional (Repnas) di Jakarta, Senin (14/10/2024) malam.

Anin menawarkan elektrifikasi transportasi publik sebagai solusi, sekaligus langkah konkret untuk mengembangkan bus listrik. Sebab, baginya, bus listrik bukan hanya soal teknologi, tetapi sebuah pembelajaran bagi masyarakat luas terhadap keberlanjutan.

"Yang menarik dari transportasi publik ini adalah pembelajaran mengenai kendaraan listrik semakin terbuka bagi publik. Jadi bukan hanya yang mampu membeli kendaraan pribadi, tetapi semua orang bisa merasakan manfaatnya," kata Anin.

Bagi Anin yang juga Komisaris Utama PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk (VKTR), manfaat transportasi publik berbasis energi terbarukan tidak hanya dirasakan oleh pengguna, tapi juga oleh operator dan negara.

Indonesia, ujar Anin, dapat mendapat benefit karena subsidi bahan bakar tidak lagi membebani negara.

“Manfaat bagi penggunanya jelas, tidak berbunyi, tidak berbau, dan bagi operatornya, lebih murah untuk operasional. Manfaat bagi Indonesia pun besar, karena subsidi bahan bakar bisa diturunkan," ujarnya.

Kerja sama pemerintah dan swasta, ujar Anin, menjadi strategi untuk mewujudkan inisiatif tersebut.

“Public-private partnership atau kerja sama antara swasta dan pemerintah untuk mendorong hal-hal seperti inilah yang justru dibutuhkan,” kata dia.

(Dhera Arizona)

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)