Bug : Awas Bukannya Simpan, Word Malah Hapus Dokumen | WinPoin

 

Bug : Awas Bukannya Simpan, Word Malah Hapus Dokumen | WinPoin

Baru baru ini cukup ramai diperbincangkan bahwa Word tampaknya telah mendapati sebuah bug yang dapat merugikan setiap penggunannya. Dalam hal ini Microsoft bahkan telah mengeluarkan peringatan yang menyatakan bahwa dokumen Word dengan nama file tertentu mungkin akan hilang setelah disimpan di folder lokal.

Jadi, jika kamu menyimpan file di secara lokal, sebaiknya kamu memperhatikan file tersebut guys dimana jika file Word memiliki extensi .DOCX bukan .docx atau dengan simbol # didalamnya, upaya menyimpan saat menutup file justru akan mengakibatkan Windows menghapus file tersebut.

Contohnya seperti pada gambar diatas, dan dari pengujian yang saya lakukan di Microsoft Office 2024 atau Word (build 2409), tampaknya memang benar bahwa menutup untuk menyimpan file dengan nama extensi tersebut dapat seketika menghapus file dari perangkat alih alih menyimpannya.

Bug aneh ini tentunya cukup mengganggu dan dapat merugikan siapapun yang secara tidak sengaja menyimpan file dengan extensi .DOCX dengan huruf kapital alih alih .docx.

Jangan Panik!

Namun kawan kawan, jika kamu mendapati keadaan ini, jangan panik dulu karena kerusakan yang diakibatkan tampaknya tidak permanen karena kamu dapat memulihkan file yang dihapus dari Recycle Bin.

Selain itu, Microsoft menyarankan untuk menyimpan file secara manual sebelum menutup dokumen atau Word sepenuhnya. Atau ada solusi lain dengan mengaktifkan opsi “Don’t show the Backstage when opening or saving files with keyboard shortcuts” di File > Options > Save.

Solusi lain yang dapat kamu perhatikan adalah dengan memastikan bahwa file word yang kamu simpan memiliki extensi dengan nama .docx bukan .DOCX atau kamu bisa menghindari bug ini dengan menyimpan file tersebut di OneDrive Cloud Storage yang sudah kamu hubungkan dengan akun kamu.

Nah jadi hal ini perlu kamu perhatikan karena tentu ini akan membuat kaget siapapun yang pertama kali merasakannya, apalagi jika data yang kamu ketik sudah cukup banyak dengan tidak ada backup lain yang kamu punya.

Via : MicrosoftNeowin

Written by

Penulis, Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan.

Post navigation

Previous Post

Next Post

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)