Sinyal Internet di Lokasi Pelantikan Prabowo-Gibran, Kominfo: Tembus 92 Mbps! - detik

 

Sinyal Internet di Lokasi Pelantikan Prabowo-Gibran, Kominfo: Tembus 92 Mbps!

Jakarta 

-

Pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 akan berlangsung Minggu, 20 Oktober 2024. Tak hanya lokasi pelantikan di Gedung DPR/MPR, ada 13 titik panggung hiburan rakyat pun akan dipenuhi masyarakat. Lantas, bagaimana kesiapan jaringan internet?

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengungkapkan telah melakukan kesiapan jaringan telekomunikasi, khususnya internet. Mitigasi ini agar masyarakat dapat mengabadikan momen-momen tersebut dan dibagikan di platform media sosial.

Direktur Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika (Dirjen PPI) Kementerian Kominfo, Wayan Toni Supriyanto, mengatakan Kominfo melakukan koordinasi sesuai dengan permintaan dari panitia penyelenggara untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas layanan di lokasi-lokasi terkait dengan pelantikan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kemarin sudah survei tim Ditdal PPI bersama operator. Prinsipnya operator seluler sangat mendukung dan layana seluler aman," ujar Wayan kepada detikINET.

Lebih lanjut, Wayan memaparkan, Kominfo telah dilakukan rapat teknis persiapan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden yang dihadiri oleh Kominfo (dalam hal ini Ditjen PPI dan Ditjen IKP), BPMI, Operator Seluler dan Telkom, serta Perwakilan TV Pool.

"Kominfo melalui Ditjen PPI dan Ditjen IKP telah berkoordinasi dengan para Operator Seluler dan Telkom melalui surat resmi untuk penguatan jaringan di titik-titik lokasi pelaksanaan acara serta hotel-hotel para tamu negara," ungkapnya.

Selain itu, Kominfo telah melakukan pengukuran kualitas jaringan di titik-titik lokasi pelaksanaan acara dengan hasil pengukuran, yakni lokasi Gedung MPR/DPR kecepatan download tertinggi 92,17 Mbps dan terendah 10,21 Mbps, lokasi Istana Merdeka tercatat punya kecepatan download tertinggi 161,5 Mbps dan terendah 49.8 Mbps, dan di lokasi Panggung Rakyat dengan kecepatan download tertinggi 209 Mbps dan terendah 20 Mbps

"Terhadap hasil pengukuran kualitas jaringan yang kurang baik disampaikan ke Operator Seluler yang bersangkutan untuk dilakukan perbaikan," kata Wayan.

Disampaikannya juga terdapat kendala berupa kesulitan akses untuk masuk ke beberapa titik lokasi pelaksanaan acara. Oleh karena itu, dibutuhkan adanya Surat Izin Akses dari Setneg untuk Tim Kominfo, Operator Seluler, serta TV Pool yang bertugas.

"Operator Seluler akan menempatkan BTS Combat pada sejumlah titik lokasi yang kualitas jaringannya kurang baik. Untuk itu dibutuhkan Surat Izin dari Setneg serta akses untuk daya listrik," tuturnya.

"Kominfo dan Operator Seluler akan menyiapkan tim teknis yang bersiaga di titik-titik lokasi selama acara berlangsung. Terhadap titik lokasi kegiatan yang belum dapat dilayani dengan fixedbroadband melalui odp terdekat akan dilakukan alternatif solusi menggunakan agregasi jaringan seluler," pungka Wayan.

Link Streaming Pelantikan Presiden 2024

Acara pelantikan disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube resmi Sekretariat Presiden dengan klik link di SINI.

Kanal resmi MPR RI juga menyiarkan Pelantikan Presiden 2024 pukul 10.00 WIB. MPR RI merupakan lembaga negara yang berwenang melantik presiden dan wakil presiden sesuai dengan Pasal 3 ayat 2 UUD NRI Tahun 1945.

Selain itu, detikers juga bisa menyaksikan momen pelantikan di kanal detikcom yang dimulai pada pukul 08.00 WIB. Berikut ini link live streamingnya:

Link Streaming Pelantikan Presiden 2024


(agt/ask)

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)