Windows 11 24H2 Ternyata Hadirkan Peningkatan Performa Windows Update! | WinPoin

 

Windows 11 24H2 Ternyata Hadirkan Peningkatan Performa Windows Update! | WinPoin

OS terbaru dari Microsoft yang dirilis kurang lebih beberapa minggu lalu yaitu Windows 11 24H2 ternyata bukan hanya membawa sejumlah bug yang menyebalkan saja karena tampaknya di versi ini menginstall update bisa jauh lebih cepat daripada versi 22H2 dan 23H2.

Hal tersebut kabarnya berkat beberapa peningkatan Windows Update termasuk peningkatan servicing stack yang menghasilkan waktu instalasi yang 45,6% lebih cepat, waktu reboot yang 39,7% lebih cepat, dan penggunaan CPU yang berkurang lebih dari 15% selama instalasi update cumulative.

Selain itu, ada beberapa perubahan berikut yang memungkinkan peningkatan instalasi dan proses update yang mantap ini tercapai, yaitu:

  • Parallel processing of component manifests. This complements the parallel hydration of newly serviced components using reverse and forward differentials first introduced in Windows 11, version 22H2.
  • Optimized reading and parsing of component manifests. After reading and parsing the first time, we cache the results to use later in the process. This helps efficiency if the same component is referenced across multiple packages.
  • Scalable use of available random-access memory (RAM). We use more RAM for storing the manifest cache if available and less if not.

Lalu seperti apa sih peningkatan performa tersebut?, dari pengujian yang dilakukan Microsoft pada Windows 11 24H2 yang terakhir di updata pada bulan Februari 2024 lalu (ketika masih insider), versi ini dapat menginstal update 45,6% lebih cepat, reboot 39,7% lebih cepat, dan menggunakan CPU 15,3% lebih sedikit daripada Windows 11 22H2 dalam kondisi yang sama.

Pengujian kedua yang dilakukan pada perangkat yang menginstall versi 24H2 yang tidak diperbarui selama 18 bulan terakhir. Hasilnya menunjukkan waktu instalasi 43,6% lebih cepat, waktu reboot 33,5% lebih cepat, dan waktu penggunaan CPU 25% lebih sedikit daripada di Windows 11 22H2.

Selain itu, dikarenakan Microsoft telah menyederhanakan pengiriman update aplikasi, kini proses update akan menjadii lebih kecil dan diinstall lebih cepat.

Namun, dari pengujian yang saya lakukan mungkin dapat dikatakan rasanya sama saja karena tentu koneksi internet dan performa perangkat sangat berpengaruh pada proses ini. Tapi apakah performa Windows Update memang lebih baik dari versi Windows sebelumnya?, jawabannya tergantung, bagi saya mungkin memang ada sedikit peningkatan tapi tidak terlalu signifikan dan hampir terlihat sama saja.

Bagaimana menurutmu? coba komen dibawah guys.

Via : Microsoft

Written by

Penulis, Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan.

Post navigation

Previous Post

Next Post

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)