Cara Gantikan Task Manager Dengan Proccess Explorer | WinPoin

 

Cara Gantikan Task Manager Dengan Proccess Explorer | WinPoin

Salah satu tool yang cukup saya suka adalah Process Explorer, dimana aplikasi ini dapat menunjukan informasi tentang handle dan DLL mana yang telah dibuka atau dimuat oleh proses.

Bagi yang belum tahu, Process Explorer yang diciptakan oleh Winternals Software yang kini telah diakuisisi dan diberi nama Windows Sysinternals  oleh Microsoft.

Fungsinya dapat dikatakan sama dengan Task Manager, namun Process Explorer menyediakan laporan yang lebih visual dan lebih mendalam daripada Task Manager yang disediakan secara default oleh Microsoft, dengan Process Explorer, kita bahkan memiliki lebih banyak kontrol dan opsi untuk mengatur kinerja Windows agar lebih baik.

Salah satu fitur paling berguna menurut saya di aplikasi Process Explorer ini adalah disediakannya opsi pencarian cepat yang mana sudah ada lebih dulu sebelum Microsoft menghadirkan fitur yang sama di Task Manager, selain itu ada process tree yang bisa dimanfaatkan untuk mengatur dan melihat proses dari aplikasi yang tengah berjalan.

Selain itu, menariknya kita bisa menjadikan aplikasi ini sebagai pengganti dari Task Manager loh, jadi ketika kita klik kanan > Task Manager di Taskbar (baik Windows 10 atau 11), secara otomatis yang terbuka adalah Process Explorer, bukan lagi Task Manager.

Penasaran bagaimana cara menggantikan Task Manager dengan Process Explorer ini?, berikut WinPoin rangkum langkah singkatnya.

Langkah 1. Pertama silahkan kamu download Process Explorer dari halaman Microsoft berikut.

Langkah 2. Selanjutnya silahkan kamu extract dan buka aplikasi Process Explorer yang tersedia.

Langkah 4. Setelah aplikasi terbuka, silahkan klik pada bagian Options > Replace Task Manager.

Selanjutnya silahkan klik Yes jika ada User Account Control dan selesai deh, sekarang setiap kali kamu menekan opsi Task Manager di Taskbar, Process Explorer yang akan terbuka alih alih membuka Task Manager seperti biasa.

#Untuk mengembalikannya, kamu cukup lakukan langkah yang sama saja.

Nah untuk saya Process Explorer ini menampilkan informasi lebih lengkap dari Task Manager, jadi jika ada suatu masalah atau ada anomali dalam suatu process, kita bisa melihatnya lebih cepat daripada Task Manager bawaan Windows 10 atau 11.

Selain itu, kita bisa kill, restart dan bahkan kill process tree pada suatu process yang tengah berjalan, jadi fungsinya mirip seperti Task Manager namun dengan tampilan yang lebih lengkap dan lebih baik.

Namun bagaimana menurutmu? apakah kamu suka aplikasi ini atau ada aplikasi yang lebih baik? coba komen dibawah guys.

Written by

Penulis, Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan.

Post navigation

Previous Post

Next Post

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)