Aplikasi
Saingi Capcut, Fitur Edits Instagram Diunduh 7,1 Juta Kali dalam 3 Hari

Selular.ID – Instagram belum lama ini meluncurkan aplikasi untuk mengedit video bertenaga AI, bernama Edits. Aplikasi ini terpisah dari platform media sosial Instagram milik Meta. Dalam waktu tiga hari peluncuran, Edits mengalahkan CapCut milik ByteDance asal Tiongkok.
CapCut hanya meraih 83.500 unduhan di tiga hari pertama peluncurannya di iOS dan Android. Edits diunduh 381.000 kali dalam tiga hari pertama. Kedua data itu merupakan data secara global di dua toko aplikasi besar App Store dan Playstore.
Menurut data dari Appfigure, jumlah unduhan Edits tercatat telah mencapai 1,2 juta unduhan di iOS dan 5,9 juta di Android, dengan total 7,1 juta unduhan.
Aplikasi Edits dari Instagram ini memiliki fitur yang bisa membantu pengguna Instagram membuat video untuk Instagram Reels, Stories, dan postingan sosial lainnya. Cara masuknya juga mudah, cukup menggunakan akun Instagram yang sudah ada.
Baca juga: Pendiri Ungkap Cara Zuckerberg Mengkerdilkan Instagram
Masih menurut Appfigures, adopsi cepat Edits juga membuatnya meraih peringkat tinggi di App Store saat debut. Data ini juga menunjukkan betapa kuatnya efek jaringan Meta dalam mendukung peluncuran aplikasi-aplikasi barunya, yang mendapat keuntungan dari ekosistem media sosialnya yang luas.
Pada hari pertama peluncurannya, 22 April, Edits langsung menduduki peringkat pertama di App Store iPhone di Amerika Serikat untuk kategori ‘Aplikasi Teratas’, baik keseluruhan maupun tanpa gim. Di hari kedua, posisinya turun ke peringkat kedua dan bertahan di sana sebelum akhirnya turun ke posisi 3 pada Jumat pekan lalu.
App Store mengukur aplikasi teratas berdasarkan jumlah unduhan dan kecepatan instalasi baru, sehingga Edits kini berada di posisi yang lebih tinggi daripada CapCut. CapCut setelah tiga hari peluncuran hanya mencapai peringkat 14 untuk keseluruhan aplikasi dan peringkat 10 untuk aplikasi non-gim di App Store AS.
Meski begitu, Edits masih butuh waktu lama untuk mengejar basis pengguna CapCut secara keseluruhan. Aplikasi milik ByteDance ini, yang populer di kalangan kreator TikTok, diluncurkan pada April 2020 dan sejauh ini telah diunduh 1,22 miliar kali di seluruh dunia. Data ini belum termasuk unduhan di negara asalnya, Tiongkok.
Baca juga: Tokopedia dan TikTok Shop Bagi Tren Belanja Kuartal I 2025
Banyak yang memuji kemudahan penggunaan aplikasi Edits dari Instagram. Di dalamnya terdapat fitur analitik bawaan, bebas iklan, dukungan video 4K, serta ekspor tanpa watermark. Namun, sejumlah kritikus menyoroti kekurangan Edits dibandingkan CapCut, seperti belum adanya template dan beragam efek transisi.
Seiring waktu, Edits dari Instagram mungkin saja bisa mengejar CapCut. Namun, bukan tidak mungkin Meta nantinya memperkenalkan versi berbayar atau menambahkan iklan sebagai strategi monetisasi.
Ikuti informasi menarik lainnya dari Selular.id di Google News
Selular.ID – Instagram belum lama ini meluncurkan aplikasi untuk mengedit video bertenaga AI, bernama Edits. Aplikasi ini terpisah dari platform media sosial Instagram milik Meta. Dalam waktu tiga hari peluncuran, Edits mengalahkan CapCut milik ByteDance asal Tiongkok.
CapCut hanya meraih 83.500 unduhan di tiga hari pertama peluncurannya di iOS dan Android. Edits diunduh 381.000 kali dalam tiga hari pertama. Kedua data itu merupakan data secara global di dua toko aplikasi besar App Store dan Playstore.
Menurut data dari Appfigure, jumlah unduhan Edits tercatat telah mencapai 1,2 juta unduhan di iOS dan 5,9 juta di Android, dengan total 7,1 juta unduhan.
Aplikasi Edits dari Instagram ini memiliki fitur yang bisa membantu pengguna Instagram membuat video untuk Instagram Reels, Stories, dan postingan sosial lainnya. Cara masuknya juga mudah, cukup menggunakan akun Instagram yang sudah ada.
Baca juga: Pendiri Ungkap Cara Zuckerberg Mengkerdilkan Instagram
Masih menurut Appfigures, adopsi cepat Edits juga membuatnya meraih peringkat tinggi di App Store saat debut. Data ini juga menunjukkan betapa kuatnya efek jaringan Meta dalam mendukung peluncuran aplikasi-aplikasi barunya, yang mendapat keuntungan dari ekosistem media sosialnya yang luas.
Pada hari pertama peluncurannya, 22 April, Edits langsung menduduki peringkat pertama di App Store iPhone di Amerika Serikat untuk kategori ‘Aplikasi Teratas’, baik keseluruhan maupun tanpa gim. Di hari kedua, posisinya turun ke peringkat kedua dan bertahan di sana sebelum akhirnya turun ke posisi 3 pada Jumat pekan lalu.
App Store mengukur aplikasi teratas berdasarkan jumlah unduhan dan kecepatan instalasi baru, sehingga Edits kini berada di posisi yang lebih tinggi daripada CapCut. CapCut setelah tiga hari peluncuran hanya mencapai peringkat 14 untuk keseluruhan aplikasi dan peringkat 10 untuk aplikasi non-gim di App Store AS.
Meski begitu, Edits masih butuh waktu lama untuk mengejar basis pengguna CapCut secara keseluruhan. Aplikasi milik ByteDance ini, yang populer di kalangan kreator TikTok, diluncurkan pada April 2020 dan sejauh ini telah diunduh 1,22 miliar kali di seluruh dunia. Data ini belum termasuk unduhan di negara asalnya, Tiongkok.
Baca juga: Tokopedia dan TikTok Shop Bagi Tren Belanja Kuartal I 2025
Banyak yang memuji kemudahan penggunaan aplikasi Edits dari Instagram. Di dalamnya terdapat fitur analitik bawaan, bebas iklan, dukungan video 4K, serta ekspor tanpa watermark. Namun, sejumlah kritikus menyoroti kekurangan Edits dibandingkan CapCut, seperti belum adanya template dan beragam efek transisi.
Seiring waktu, Edits dari Instagram mungkin saja bisa mengejar CapCut. Namun, bukan tidak mungkin Meta nantinya memperkenalkan versi berbayar atau menambahkan iklan sebagai strategi monetisasi.
Ikuti informasi menarik lainnya dari Selular.id di Google News
Tidak ada komentar:
Posting Komentar