WebGPU Bikin Gaming di Google Chrome Jadi Menawan - detik

 

WebGPU Bikin Gaming di Google Chrome Jadi Menawan

By Anggoro Suryo
detikcom
April 10, 2023
Foto: Android Police
Foto: Android Police
Jakarta-

Google merilis application programming interface (API) bernama WebGPU yang membuat browser bisa memanfaatkan kemampuan komputasi dari kartu grafis.

Dengan WebGPU ini, pengembang game bisa membuat game browser dengan grafis yang menawan karena memanfaatkan kemampuan pengolahan grafis dari GPU. Kehadirannya membuat aplikasi 3D ataupun game untuk browser menjadi jauh lebih menarik.

Dalam postingan di blog resmi Google disebutkan, WebGPU membuat pengembang bisa mencapai kemampuan grafis yang sama dengan deretan kode yang jauh lebih sedikit, lalu dengan peningkatan yang tiga kali lebih besar dengan model machine learning.

"WebGPU adalah API baru untuk web, yang memberikan akses ke kemampuan hardware modern dan membolehkan operasi render dan komputasi dari GPU, sama seperti Direct3D 12, Metal, dan Vulkan. Tak seperti keluarga API WebGL, WebGPU memberikan akses ke fitur canggih GPU dan menyediakan akses kelas atas untuk kemampuan komputasi umum di GPU," tulis Google dalam blog resminya itu.

WebGPU ini akan tersedia untuk Chrome di PC yang mendukung Direct3D 12, macOS, macOS, dan ChromeOS yang mendukung Vulkan, dan mulai tersedia secara default pada Chrome 113, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Senin (10/4/2023).

API ini sudah digarap Google sejak 2017 dan nantinya tak cuma tersedia untuk Chrome. Di masa depan, WebGPU juga akan tersedia untuk Firefox dan Safari, dan Google juga tengah menjajaki implementasi lebih luas, yaitu untuk Linux dan Android.

Namun harus diingat, untuk saat ini masih terlalu dini untuk melihat kemampuan WebGPU. Ini karena selain API-nya harus dirilis terlebih dahulu, pengguna baru bisa merasakan kemampuannya setelah ada pengembang yang merilis aplikasi yang memanfaatkan WebGPU ini.

Jadi dengan kata lain, kegunaan API WebGPU ini tergantung pada kreativitas pada developer untuk memanfaatkannya.

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)