Untung Rugi Pakai GPU Bekas Mining - detik

 

Untung Rugi Pakai GPU Bekas Mining

By Anggoro Suryo
detikcom
July 30, 2023
Ilustrasi tambang kripto. Foto: REUTERS/ALAN FREED
Ilustrasi tambang kripto. Foto: REUTERS/ALAN FREED
Jakarta-

Banyaknya perusahaan penambang kripto yang tutup berdampak pada meningkatnya peredaran GPU bekas penambangan kripto. Apa sih untung rugi pakai GPU bekas mining?

Menjual GPU bekas penambangan adalah salah satu cara perusahaan penambang kripto untuk mencairkan asetnya, atau tepatnya, aset mereka yang paling tinggi harganya. Sementara itu di sisi lain, GPU juga menjadi barang yang menarik bagi para gamer, terutama jika harganya miring.

Jadi apa untungnya memakai GPU bekas mining untuk bermain game? Ya, jelas, harganya -- semestinya -- lebih murah dibanding GPU baru atau bahkan GPU bekas gamer lain. Namun perlu hati-hati juga, pasalnya baru-baru ini ditemukan sindikat yang memborong GPU bekas mining, memodifikasinya sedemikian rupa, dan menjualnya seperti GPU baru.

Nah, lalu ruginya apa jika menggunakan GPU bekas mining? Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dari GPU ini. Utamanya adalah GPU yang dipakai untuk mining adalah GPU yang dipakai bekerja berat, beroperasi selama 24 jam dan mungkin saja beroperasi di kondisi yang tak kondusif, misal ruangan panas dan/atau berdebu.

Kipas Pendingin

Jadi komponen yang paling berisiko untuk rusak adalah kipas pendingin. Jika dipakai bermain game, kipas tersebut hanya akan berputar kencang saat memainkan game dengan grafis yang kompleks. Sementara saat dipakai mining, diasumsikan kipas tersebut akan berputar maksimal secara terus-menerus, yang artinya masa pakainya akan lebih cepat habis.

VRAM

Lalu masalah kedua adalah VRAM atau video RAM. Dilansir Digital Trends, semua jenis memori punya masa pakai, tak terkecuali VRAM di GPU. Saat masa pakainya sudah habis, ada beberapa skenario yang bisa terjadi. Misalnya kapasitasnya menurun atau bisa juga bandwidth-nya menurun menjadi lebih lambat. Keduanya akan berdampak pada penurunan performa GPU. Namun kondisi terburuk adalah VRAM-nya mati total dan GPU tak bisa beroperasi.

Thermal Paste Kering

Saat GPU maupun chip VRAM digeber dan mengeluarkan panas tinggi secara terus-terusan, thermal paste -- yang bertugas mempercepat pelepasan panas ke heatsink -- yang ada lama kelamaan akan mengering dan tidak bisa berfungsi secara optimal.

Simak Video "Sudah Rugikan Negara, Langkah Blokir Exchanger Asing Dianggap Kurang Ampuh"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)