Orang Miskin akibat Judi Online Jadi Beban Negara - IDXCHANNEL

Pesan Jack Ma Pada Guru di Pedesaan - detik

 

Pesan Jack Ma Pada Guru di Pedesaan

By Fino Yurio Kristo
detikcom
Jack Ma. Foto: CNN
Jack Ma. Foto: CNN
Jakarta-

Jack Ma yang sudah kembali ke China, kini fokus pada sektor pendidikan dan pertanian. Sang pendiri Alibaba baru-baru ini berbicara dalam video kepada sekelompok guru pedesaan di negaranya.

Di acara yang digelar Jack Ma Foundation, ia mengucap terima kasih pada para guru atas kontribusi dalam mengembangkan pendidikan di daerah pedesaan China dan berbagi pengalamannya dalam mengeksplorasi teknologi pertanian.

"Saya dapat melihat bahwa pendidikan pedesaan dan guru di pedesaan merupakan kekuatan besar yang benar-benar dapat mengubah seluruh wilayah miskin di Tiongkok, karena pembangunan berkelanjutan di negara kita hanya mungkin dilakukan melalui reformasi pendidikan," kata Jack Ma.

Dana dari yayasannya digunakan untuk meningkatkan pendidikan pedesaan di berbagai wilayah China. Di video berdurasi tiga menit tersebut, Ma mengatakan bahwa dia telah mempelajari pertanian di berbagai negara selama beberapa tahun terakhir dan dia melihat peran penting dari SDM dalam mengembangkan daerah pedesaan.

"Saya menemukan bahwa suatu tempat yang sukses di bidang pertanian belum tentu merupakan tempat yang memiliki sumber daya yang baik, namun tempat dengan pemikiran yang unik, dan orang-orang yang memiliki imajinasi," katanya.

"Saya terutama berharap sekolah-sekolah di pedesaan kita dapat menumbuhkan orang-orang yang penuh imajinasi, pemikiran unik, dan berani menciptakan masa depan. Daerah pedesaan memang membutuhkan teknologi, dan menurut saya pemikiran unik dan kreativitas juga penting," katanya.

Inisiatif Kepala Sekolah Pedesaan, yang diluncurkan oleh yayasan Ma tahun 2016, rutin memilih 20 kepala sekolah pedesaan dari seluruh negeri tiap tahun dan memberi dukungan keuangan sebesar USD 13.787 pada masing-masing kepala sekolah.

Sejauh ini, proyek tersebut telah mendukung 120 kepala sekolah di pedesaan. Rencana yang dibagikan oleh 20 kepala sekolah yang dipilih tahun ini mencakup fasilitas sekolah baru dan kursus tambahan untuk anak-anak pedesaan.

Misalnya Shan Youqing, seorang kepala sekolah dari provinsi Qinghai tengah, ingin meningkatkan penerapan kecerdasan buatan di sekolah-sekolah pedesaan dan memiliki alat seperti ChatGPT untuk membantu menghasilkan bahan ajar.

Ma tak bicara tentang Alibaba, yang sedang menjalani restrukturisasi besar-besaran untuk memisahkan bisnisnya yang luas menjadi entitas independen. Ma, yang mengundurkan diri sebagai pimpinan Alibaba pada tahun 2019 dan menyerahkan kendali atas Ant awal tahun ini, telah mengalihkan fokusnya ke bidang pertanian dan pendidikan.

Simak Video "Jack Ma Kini Banting Setir di Bidang Pertanian"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin