PlayStation Portal Dipastikan Rilis Tahun Ini, Harganya Rp 4,5 Juta -; detik

 

PlayStation Portal Dipastikan Rilis Tahun Ini, Harganya Rp 4,5 Juta

By Anggoro Suryo
detikcom
Foto: Sony
Foto: Sony
Jakarta-

Sony memastikan akan meluncurkan PlayStation Portal -- dulunya dikenal sebagai Project Q -- pada tahun ini, yaitu perangkat handheld untuk memainkan game PS5.

Perlu diingat, PS Portal ini membutuhkan PS5 di jaringan internet untuk bisa beroperasi, bukan berdiri sendiri layaknya Steam Deck, Asus ROG Ally, ataupun Nintendo Switch.

PS Portal mempunyai layar LCD 8 inch dengan resolusi 1080p 60fps, dan akan tersedia pada tahun 2023 ini dengan harga USD 199,99 atau sekitar Rp 4,5 juta.

"PlayStation Portal akan terhubung secara remote dengan PS5 melalui WiFi, jadi anda akan bisa memindahkan permainan di PS5 ke PlayStation Portal," kata Hideaki Nishino, SVP untuk platform experience di Sony Interactive Entertainment.

"PlayStation Portal bisa memainkan game yang terinstal di konsol PS5 dan menggunakan kontroler DualSense," tambahnya.

Salah satu fitur yang dijagokan adalah kehadiran kontroler serupa DualSense yang mengapit layar 8 inch di Portal. Kontroler ini mendukung adaptive trigger dan haptic feedback -- dua fitur andalan DualSense -- dan dijanjikan akan memberikan pengalaman serupa dengan DualSense.

Selain bermain game, Portal juga bisa dipakai menonton video namun hanya lewat fitur mirroring PS5. Perangkat ini tak bisa dipakai menjalankan apapun secara lokal. Jadi jika Portal tak terhubung ke WiFi, perangkat ini tak berfungsi.

Anehnya lagi Portal tak bisa dipakai menjalankan layanan cloud gaming Sony yang bakal dirilis beberapa waktu mendatang. "Game yang harus di-stream menggunakan PS5 dengan PS Plus Premium tidak kompatibel," tulis Sony.

Jadi, Portal hanya bisa memainkan game yang terinstal secara lokal di PS5. Kebutuhan internet untuk bisa memainkan game secara lancar adalah minimal 5Mbps, namun Sony merekomendasikan 15Mbps untuk bisa mendapat pengalaman yang terbaik.

Dari ulasan awal terhadap Portal, tampaknya latensi saat memainkan terlihat cukup minimal, alias delay-nya tak terlalu terasa. Aspek ini sangat krusial dalam perangkat semacam Portal, karena pengalaman pengguna akan buruk jika latensinya tinggi.

Portal juga tak punya koneksi Bluetooth, jadi tak akan bisa terhubung ke headset Sony Pulse 3D. Perangkat ini menggunakan teknologi wireless PlayStation link, standar baru Sony untuk perangkat PlayStation yang dijanjikan punya latensi rendah dan audio lossless, termasuk headset wireless baru yang bakal dirilis beberapa waktu ke depan.

Kapasitas baterai Portal belum dikonfirmasi, namun Sony kabarnya menargetkan kalau perangkat ini bakal bisa bertahan selama tujuh sampai sembilan jam, serupa dengan daya tahan kontroler DualSense.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin