Dear Apple, Jual Kabel USB-C Mahal Amat Sih? - detikinet

 

Dear Apple, Jual Kabel USB-C Mahal Amat Sih?

Anggoro Suryo - detikInet
Kamis, 14 Sep 2023 06:14 WIB
The Apple iPhone 15 Pro Max during an event at Apple Park campus in Cupertino, California, US, on Tuesday, Sept. 12, 2023. Apple Inc. introduced its latest iPhones at an event Tuesday, banking on new materials, camera upgrades and improved performance to coax back consumers in a sluggish smartphone market. Photographer: David Paul Morris/Bloomberg via Getty Images
iPhone 15 Pro. Foto: Bloomberg via Getty Images/Bloomberg
Jakarta-

Dengan dirilisnya jajaran iPhone 15, maka banyak aksesori dan kabel Lightning yang mungkin tak lagi terpakai.

Untuk mempermudah transisi dari Lightning ke USB-C, tentu yang dilakukan Apple adalah menjual dongle dan adapter baru, misalnya USB-C to Lightning Adapter, yang harganya adalah USD 30. Fungsinya adalah menghubungkan kabel USB-C ke perangkat dengan port Lightning.

Namun jika pengguna hanya butuh kabel USB-C, Apple juga punya kabel USB-C yang harganya USD 19 untuk kabel penjang 1 meter dengan daya maksimal 60 watt, atau kabel sepanjang 2 meter dengan daya maksimal 240 watt yang haranya USD 29.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kedua kabel tersebut hanya mendukung kecepatan USB 2, bukan USB 3 seperti yang didukung oleh iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max. Untuk memanfaatkan semua keunggulan dua iPhone tersebut, kabel Apple yang mendukungnya adalah Thunderbolt 4 Pro Cable, yang panjangnya 1 meter, daya maksimal 100 watt dan dengan harga USD 69.

Baca juga:

Namun untungnya, karena ini adalah port yang universal, maka pengguna tak wajib membeli kabel dari Apple. Berbeda dengan kabel Lightning, yang kalaupun tidak membeli merk Apple, tetap perlu memperhatikan sertifikasi MFi agar bisa dipakai.

Ada banyak kabel USB-C dari pabrikan pihak ketiga, dari yang murah sampai yang mahal, meski mungkin tak semahal bikinan Apple. Namun sekali lagi, pengguna perlu memperhatikan standar yang didukung oleh kabel tersebut. Pasalnya, meski portnya adalah USB-C, ada banyak standar yang didukung, baik itu soal kecepatan maupun daya maksimal yang bisa dihantarkan.

Diketahui sebelumnya, iPhone 15 dan iPhone 15 Plus memiliki desain yang mirip dengan seri sebelumnya, namun dengan beberapa perbedaan penting. Salah satunya penggantian port Lightning dengan port USB-C, yang membuat iPhone lebih kompatibel dengan aksesori dan perangkat lain.

iPhone 15 dan iPhone 15 Plus memiliki layar OLED berukuran 6,1 inch dan 6,7 inch. Layar ini mendukung HDR10, Dolby Vision, True Tone, Haptic Touch, dan memiliki tingkat kecerahan maksimal 2.000 nits. Sayangnya, layar ini masih menggunakan refresh rate 60Hz

Baca juga:

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)