Kalah Sama Huawei, Apple Masih Bergantung ke Qualcomm Sampai 2026 - detik

 

Kalah Sama Huawei, Apple Masih Bergantung ke Qualcomm Sampai 2026

Anggoro Suryo - detikInet
Rabu, 13 Sep 2023 11:37 WIB
NEW YORK, NY - AUGUST 02:  The Apple logo is displayed in an Apple store in lower Manhattan on August 2, 2018 in New York City. On Thursday the technology company and iPhone maker became the first American public company to cross $1 trillion in value. Apple stock is up more than 20% this year.  (Photo by Spencer Platt/Getty Images)
Foto: Spencer Platt/Getty Images
Jakarta-

Apple tampaknya masih akan menggunakan modem Qualcomm sampai beberapa generasi iPhone ke depan, kalah dari Huawei yang sudah bisa membuat modem sendiri.

Hal ini diketahui dari pengumuman Qualcomm soal perpanjangan kontrak pasokan modem mereka dengan Apple, yang semestinya sudah berakhir pada 2023, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Rabu (13/9/2023).

Dari informasi ini, diasumsikan bahwa modem 5G yang tengah digarap oleh Apple kembali mengalami keterlambatan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dalam perjanjian tersebut tak disebutkan model iPhone mana saja yang bakal memakai modem Qualcomm. Namun disebutkan kalau perjanjian itu akan meliputi HP yang diluncurkan pada 2024, 2025, dan 2026.

Baca juga:

Hanya saja, menurut Mark Gurman dari Bloomberg, perjanjian ini tak berarti dalam tiga tahun ke depan Apple tak akan merilis modem buatannya sendiri. Pasalnya Apple, menurut Gurman, memang akan merilis chip modem tersebut secara bertahap.

Pada 2026, Qualcomm diperkirakan hanya akan menyuplai modem untuk 20% iPhone yang diproduksi. Angka ini sebelumnya diprediksi -- saat perjanjian Apple - Qualcomm pertama pada 2019 -- akan terjadi pada 2023.

Apple sebenarnya sudah sangat mengusahakan chip modem 5G buatan sendiri sejak lama. Bahkan mereka sampai membeli mayoritas bisnis modem HP dari Intel, tepat tiga bulan setelah mereka berdamai dengan Qualcomm soal sengketa lisensi paten pada 2019.

Mereka juga sudah sampai berdiskusi dengan TSMC untuk memproduksi chip modem 5G custom tersebut pada 2021. Namun kenyataannya, hingga saat ini modem tersebut belum kesampaian untuk diproduksi.

Ini juga artinya Apple sudah kalah dari Huawei, yang menggunakan system on a chip Kirin 9000 5G di Mate 60 Pro yang -- semestinya -- mereka desain sendiri dan menggunakan modem 5G di dalamnya. Padahal Huawei tak bisa menggunakan teknologi pembuatan chip terkini untuk produksi tersebut.

Baca juga:

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)