Sering Kena Serangan Siber, Militer Filipina Akan Rekrut Prajurit Dunia Maya - Tempo

 

Sering Kena Serangan Siber, Militer Filipina Akan Rekrut Prajurit Dunia Maya

Reporter

Kamis, 19 Oktober 2023 21:00 WIB

  • Bagikan



Ilustrasi - Hacker atau peretas mencoba membongkar keamanan siber. Pemerintah Indonesia menganggap banyak data pribadi yang dibocorkan Bjorka dari berbagai institusi bukanlah ancaman bagi negara dan data bersifat umum. (ANTARA/Shutterstock/am)
Iklan

TEMPO.COJakarta - Panglima Militer Filipina Jenderal Romeo Brawner pada Kamis, 19 Oktober 2023, mengumumkan militer Filipina akan merekrut prajurit dunia maya untuk komando siber demi meningkatkan pertahanan terhadap serangan siber yang hampir setiap hari terjadi di militer Filipina. Ia menambahkan pihalnya akan melonggarkan aturan perekrutan untuk menarik minat dari kalangan pakar online.

Iklan

 
“Alih-alih merekrut tentara untuk batalion infanteri, kali ini kami akan merekrut prajurit siber. Ada kesadaran bahwa generasi pejuang baru ini tidak harus memiliki otot yang kuat,” kata Brawner kepada wartawan.

Baca Juga:

 
Baru-baru ini, beberapa lembaga pemerintah termasuk majelis rendah Kongres Filipina melaporkan terjadi serangan siber. Brawner pun mengakui beberapa serangan yang terjadi hampir setiap hari ke militer Filipina berasal dari luar negeri.

 
“Kami mengalami hal ini hampir setiap hari,” kata Brawner tentang serangan-serangan tersebut, namun ia menambahkan sejauh ini tidak ada serangan yang berhasil. “Kami yakin beberapa serangan berasal dari luar negeri.”

 
Brawner tidak mengatakan secara spesifik dari mana serangan-serangan itu berasal, namun beberapa bulan terakhir ada eskalasi ketegangan antara Filipina dengan Cina, terutama perihal wilayah yang disengketakan di Laut Cina Selatan.

Baca Juga:

 
Filipina memprotes apa yang disebutnya tindakan agresif Cina, termasuk “manuver berbahaya dan ofensif” pada pekan lalu, setelah sebuah kapal angkatan laut Cina membuntuti dan berusaha memotong kapal angkatan laut Filipina yang sedang melakukan misi pasokan di dekat perairan dangkal yang disengketakan.

 
Cina mengklaim kedaulatan atas hampir seluruh Laut Cina Selatan, merujuk pada garis putus-putus di petanya yang memotong zona ekonomi eksklusif (ZEE) Vietnam, Filipina, Malaysia, Brunei, dan Indonesia. Pengadilan Arbitrase Permanen pada 2016 mengatakan garis pada peta Cina tidak memiliki dasar hukum, namun keputusan itu ditolak oleh Beijing.

 
Pelatihan pertahanan siber merupakan bagian dari latihan bersama Filipina tahun ini dengan pasukan Amerika Serikat. Komitmen tersebut menyoroti semakin pentingnya ketahanan siber dalam strategi pertahanan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 
Brawner juga mengatakan militer Filipina akan mulai melarang perusahaan telekomunikasi membangun menara seluler di kamp militer. Pangkalan-pangkalan tersebut telah menjadi tempat instalasi yang dioperasikan oleh beberapa perusahaan telepon seluler, termasuk raksasa telekomunikasi pemerintah Cina, China Telecom. Sebagai bagian dari upaya modernisasi, tambah Brawner, ia berharap negara kepulauan tersebut mendapatkan peralatan radar dari Jepang untuk meningkatkan pengawasan perairan teritorial dan ZEE.

 

REUTERS

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini

Berita Selanjutnya

LAPORAN UTAMA

Rekomendasi Artikel

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.

PT Dirgantara Indonesia Ekspor 6 Pesawat NC212i ke Filipina

1 jam lalu

Pesawat NC212i produksi PT Dirgantara Indonesia. (kemlu.go.id)

PT Dirgantara Indonesia (PTDI) mengekspor 6 pesawat terbang NC212i ke Filipina.

Media Sosial X Elon Musk Akan Uji Model Berlangganan Baru, Bayar 1 Dolar AS.

22 jam lalu

Elon Musk berencana menghapus judul dari artikel berita yang dibagikan di X (X/Kylie Robison)

Media sosial X menguji langganan tahunan $1 untuk fitur-fitur dasar.

Microsoft: Pengintegrasian Teknologi AI Bantu Membalikkan Serangan Siber

23 jam lalu

Panji Wasmana, National Technology Officer Microsoft Indonesia menjelaskan Microsoft Digital Defense Report di kantor Microsoft di Jakarta, 18 Oktober 2023. Foto: Tempo/Maria Fransisca Lahur

Kecerdasan buatan (AI) memiliki kemampuan membantu para defender meningkatkan kemampuan dan sumber daya.

Jelang Kunjungan Biden, Jenderal AS Bertolak ke Israel untuk Beri Dukungan Lawan Hamas

2 hari lalu

Jenderal Michael

Jenderal senior Amerika Serikat yang mengawasi pasukan Amerika di Timur Tengah melakukan perjalanan mendadak ke Israel pada Selasa 17 Oktober 2023.

Benjamin Netanyahu Sebut Israel Siap Perang

2 hari lalu

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu. Gil Cohen-Magen/Pool via REUTERS

Benjamin Netanyahu mengumumkan kalau militer Israel sudah bersiap untuk sebuah perang yang panjang.

Filipina Kecam Beijing, Kapalnya Dibuntuti di Laut Cina Selatan

3 hari lalu

Perahu Penjaga Pantai Cina di dekat penghalang terapung digambarkan pada tanggal 20 September 2023, di dekat Scarborough Shoal di Laut Cina Selatan, dalam gambar selebaran yang dirilis oleh Penjaga Pantai Filipina pada tanggal 24 September 2023. Penjaga Pantai Filipina/Handout via REUTERS

Filipina mengecam Cina setelah kapal Angkatan Lautnya dibuntuti dan hampir diberhentikan.

3 Pantai di Filipina yang Menjadi Favorit Peselancar

8 hari lalu

Pulau Siargao di Filipina. Unsplash.com/Andreea Petruti

Filipina memiliki beragam garis pantai yang menawarkan ombak yang sesuai dengan setiap tingkat keahlian peselancar

Dianggap Tak Keren, Pasukan Bela Diri Jepang Kesulitan Merekrut Personel Baru

8 hari lalu

Prajurit Pasukan Bela Diri Maritim Jepang (JMSDF) memberi hormat kepada Menteri Pertahanan Yasukazu Hamada (tidak dalam gambar) di atas kapal perusak serba guna Izumo (DDH-183) JMSDF selama Tinjauan Armada Internasional untuk memperingati 70 tahun berdirinya JMSDF, di Yokosuka, selatan Tokyo, Jepang 6 November 2022. REUTERS/Issei Kato

Sejak 1990, kekuatan Pasukan Bela Diri, sebutan militer Jepang, telah turun lebih dari tujuh persen menjadi di bawah 230.000 orang.

RI Minta Bantuan Filipina Evakuasi WNI dari Daerah Konflik Israel-Palestina

8 hari lalu

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi (kanan) menyambut kedatangan Menteri Luar Negeri Filipina Enrique Manalo (kiri) di lokasi ASEAN Coordinating Council (ACC) dan ASEAN Minister Meeting (AMM) Retreat di Sekretariat ASEAN, Jakarta, Jumat 3 Februari 2023. Pertemuan yang berlangsung hingga Sabtu 4 Februari tersebut akan membahas mengenai isu-isu terkini terkait dengan kawasan Asia Tenggara dan juga di luar kawasan Asia Tenggara.  ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Menlu Retno Marsudi berkomunikasi dengan Menlu Filipina Enrique Manalo untuk meminta bantuan mengevakuasi WNI dari wilayah konflik Israel-Palestina

Bersahabat dengan Indonesia, 5 Negara Asean Ini Punya Hubungan Diplomatik dengan Israel

9 hari lalu

Presiden Filipina Rodrigo Duterte (kiri), bersama Presiden Israel, Reuven Rivlin.[Haaretz]

Beberapa negara ASEAN jalin kerja sama Israel untuk memacu pertumbuhan negaranya. Bahkan langganan membeli senjata dari Israel.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin