Arab Saudi Bakal Gelar Pertemuan Negara-Negara Arab, Islam, dan Afrika untuk Bahas Konflik Israel-Palestina - inews

Arab Saudi Bakal Gelar Pertemuan Negara-Negara Arab, Islam, dan Afrika untuk Bahas Konflik Israel-Palestina

Arab Saudi Bakal Gelar Pertemuan Negara-Negara Arab, Islam, dan Afrika untuk Bahas Konflik Israel-Palestina
Siluet seorang pria sedang berdoa di dekat bendera nasional Arab Saudi yang sedang berkibar (ilustrasi). (Foto: Reuters)

SINGAPURA, iNews.id – Arab Saudi akan menjadi tuan rumah pertemuan puncak negara-negara Arab, Islam, dan Afrika dalam beberapa hari mendatang untuk membahas konflik Israel-Palestina. Hal itu diungkapkan oleh Menteri Investasi Arab Saudi, Khalid al-Falih, kemarin.

“Kita akan lihat, minggu ini, dalam beberapa hari ke depan Arab Saudi akan mengadakan pertemuan puncak darurat Arab di Riyadh,” kata al-Falih di Bloomberg New Economic Forum yang diadakan di Singapura, Selasa (7/11/2023).

Baca Juga
Jumlah Pengungsi Tinggalkan Gaza Meningkat usai Perbatasan Rafah Dibuka Lagi

“Anda akan melihat Arab Saudi menyelenggarakan KTT Afrika-Saudi di Riyadh, dan dalam beberapa hari Anda akan melihat Arab Saudi menyelenggarakan KTT Islam,” katanya, seperti dikutip Reuters, hari ini.

Menurut dia, dalam jangka pendek, tujuan dari ketiga pertemuan puncak tersebut dan pertemuan lainnya di bawah kepemimpinan Arab Saudi adalah untuk mendorong penyelesaian konflik secara damai.

Baca Juga
Malaysia Tak Akan Akui Sanksi Sepihak AS terkait Dukungan untuk Para Pejuang Palestina

Presiden Iran Ebrahim Raisi akan melakukan perjalanan ke Arab Saudi pada Minggu (12/11/2023) untuk menghadiri KTT Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), menurut laporan di laman berita EtemadOnline. 

Ini adalah kunjungan pertama kepala negara Iran sejak Teheran dan Riyadh mengakhiri permusuhan yang sudah berlangsung bertahun-tahun. Kedua negara berkomitmen untuk menjalin kembali hubungan diplomatik, berdasarkan kesepakatan yang ditengahi Tiongkok pada bulan Maret.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Follow Berita iNews di Google News

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin