Elon Musk Dukung Israel, MUI Ajak Boikot Twitter dan Tesla - Beritasatu

Elon Musk Dukung Israel, MUI Ajak Boikot Twitter dan Tesla

Rabu, 29 November 2023 | 15:33 WIB
Penulis: Medikantyo Junandika Adhikresna | Editor: FMB
Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas
Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas (Beritasatu.com / Medikantyo Junandika Adhikresna)

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas menanggapi sikap pebisnis kondang Amerika Serikat, Elon Musk, yang menyatakan dukungan pada Israel. Ia menegaskan warga Indonesia sepantasnya melakukan boikot atas produk hasil jejaring bisnis milik Musk, seperti media sosial X alias Twitter, dan Tesla.

ADVERTISEMENT

Dukungan terhadap Israel yang diungkap oleh Elon, disebut Anwar bertentangan dengan nilai kemanusiaan, apalagi dengan agresi membabi buta Israel yang dilancarkan kepada penduduk di wilayah Gaza,Palestina sejak Oktober lalu.

“Dalam kesimpulan saya Elon Musk adalah orang kaya di dunia ini, yang tidak punya perikemanusiaan dan tidak punya rasa berkeadilan. Oleh karena itu bagi saya kalau ada produk (hasil bisnis) Elon Musk di Indonesia, boikot,” kata Anwar Abbas saat ditemui Beritasatu.com di kompleks Kampus UIN Syarif Hidayatullah, Ciputat pada Rabu (29/11/2023).

BACA JUGA
ADVERTISEMENT


Anwar mengaku tidak mengetahui secara jelas berbagai produk hasil bisnis Elon Musk yang sudah beredar secara luas atau dipakai oleh pengguna di Indonesia. Upaya boikot menurutnya harus dilakukan tanpa kecuali terhadap semua bisnis yang mendukung Israel agar memunculkan efek jera.

Ketika disinggung apakah boikot tersebut juga bisa dilakukan pada pabrik mobil listrik Tesla yang dimiliki Musk, Anwar secara tegas menganjurkan umat Islam untuk tidak menggunakan atau mengendarai mobil listrik berbasis baterai itu di Tanah Air.

“Kalau itu produk dia, boikot!” ucapnya.

Elon Musk diketahui memiliki dan menjalankan enam perusahaan di berbagai bidang seperti teknologi, aeronautika, otomotif, hingga infrastruktur. Beberapa bisnis yang bersentuhan langsung dengan pengguna asal Indonesia adalah media sosial X, yang dahulu bernama Twitter.

Sementara di Indonesia, khususnya Jakarta, sudah terlihat beberapa pengguna yang mengendarai model kendaraan listrik keluaran Tesla. Termasuk figur Ketua MPR sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo yang diketahui mempunyai mobil Tesla model X.

Di bidang teknologi informasi, Starlink anak perusahaan SpaceX milik Musk dikabarkan sudah menjajaki kemungkinan untuk beroperasi di Indonesia. Layanan jaringan internet berbasis satelit dari Starlink disebut bersiap untuk beroperasi di wilayah Tanah Air mulai 2024 mendatang.

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)