Jangan Dipakai! Ini Ciri Kata Sandi yang Mudah Diretas - Beritasatu

Jangan Dipakai! Ini Ciri Kata Sandi yang Mudah Diretas

Senin, 9 Oktober 2023 | 20:31 WIB
Penulis: Herman | Editor: HE
Ilustrasi kata kunci.
Ilustrasi kata kunci. (ist)

Jakarta, Beritasatu.com - Password atau kata sandi merupakan salah satu alat yang sangat penting untuk menjaga keamanan akun pribadi. Masalahnya, kata sandi tidak selalu terjamin keamanan.

ADVERTISEMENT

Terdapat berbagai cara yang dapat digunakan oleh seseorang untuk meretas akun Anda, mulai dari serangan besar pada server perusahaan, hingga trik rekayasa sosial yang belakangan ini marak terjadi.

BACA JUGA

Namun, dalam beberapa situasi, penyerang mungkin tidak perlu melangkah sejauh itu. Terkadang, mereka hanya perlu menebak kata sandi Anda. Lebih spesifik lagi, penyerang dapat dengan mudah menebak kata sandi jika kata sandi tersebut termasuk dalam daftar yang umum digunakan.

ADVERTISEMENT

Dilansir dari Slash Gear, Senin (9/10/2023), penelitian terbaru dari Specops telah mengonfirmasi beberapa contoh kata sandi yang berisiko tinggi. Solusi sederhananya adalah untuk tidak menggunakan kata sandi yang umum. Pertanyaannya, kata sandi seperti apa yang termasuk dalam kategori umum, sehingga dapat dengan mudah ditebak?

Terlepas dari apa yang mungkin digambarkan dalam film "Hackers" tahun 1995, jawabannya bukanlah "love, sex, secret," atau "god", meskipun kata sandi tersebut mungkin harus dihindari.

Berikut ini ciri kata sandi yang perlu dihindari:

1. Jangan menggunakan kata "kata sandi" atau "password" sebagai kata sandi Anda, bahkan jika Anda menambahkan beberapa huruf atau angka tambahan di akhirnya, seperti "passwordGG."

2. Hindari penggunaan string yang terdiri dari huruf yang sama, untuk panjang kata sandi apa pun, seperti "GGGGGGGG" atau "OOOOOOOOOO."

3. Tidak disarankan untuk menggunakan kata sandi berdasarkan nama orang-orang terkenal dalam sejarah atau budaya populer, seperti "cleopatra" atau "minecraft," bahkan jika referensinya kurang jelas, seperti "hacktheplanet" (frasa yang populer di film "Hackers" tahun 1995).

BACA JUGA

4. Jangan gunakan kata sandi default akun Anda jika memungkinkan. Kata sandi semacam "Sym_newhireOEIE" atau "Sym_newhireOAIE" perlu diubah segera.

5. Hindari hal-hal yang mudah diasosiasikan dengan Anda seperti tanggal lahir, nama panggilan, atau nama pasangan.

Yang terpenting, disarankan untuk membuat kata sandi yang menggabungkan huruf dan angka serta huruf kapital. Pastikan untuk tidak membagikan kata sandi Anda kepada siapa pun. Selain itu, penting juga untuk mengaktifkan autentikasi dua faktor (2FA) jika tersedia.

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)