5 Bandara Paling Terkoneksi di Dunia, dari Inggris hingga Turki - inews

Muhammad Fida Ul Haq
5 Bandara Paling Terkoneksi di Dunia, dari Inggris hingga Turki Bandara Internasional London Heathrow, Inggris merupakan salah satu bandara paling terkoneksi di dunia (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id – Daftar bandara paling terkoneksi di dunia yang menarik untuk diketahui. Bandara merupakan sebuah daratan luas yang menjadi tempat lepas landas dan pendaratan pesawat.

Tiap tahunnya, seseorang pasti melakukan puluhan perjalanan bisnis yang untuk menjangkau daerahnya perlu menggunakan jalur udara atau pesawat. Selain perjalanan bisnis, perjalanan udara juga berlaku untuk wisatawan untuk meminimalisir rute dan durasi penerbangan yang mudah dan cepat.

Melansir dari Official Airline Guide (OAG) bertajuk The OAG Megahubs Index 2023, Kamis (23/11/2023),  data bandara-bandara terkoneksi mencakup kesibukan maskapai, penerbangan transit, bandara mana yang menghubungkan penumpang ke bandara lainnya, tujuan terbanyak baik secara global maupun regional, dan lainnya. 

Peringkat ini juga diukur melalui jadwal keberangkatan dan kepulangan penerbangan internasional berdasarkan jumlah destinasi. Mana saja bandara terkoneksi itu?

5 Bandara Paling Terkoneksi di Dunia 

Bandara Internasional London Heathrow, Inggris

Sejak 2019, Bandara London Heathrow secara konsisten menjadi bandara paling terkoneksi di dunia. Dengan tajuk bandara internasional, bandara ini melayani penerbangan transit dan terkoneksi ke 242 bandara lainnya di seluruh dunia. Bandara ini menjadi pos utama dari maskapai British Airways.


Bandara Frankfurt, Jerman


Bandara Frankfurt menawarkan koneksi ke sekitar 330 bandara. Bandara ini merupakan konektor bagi maskapai penerbangan Jerman Lufthansa. Rute utama bandara ini adalah London Heathrow dengan penerbangan mingguannya sebanyak 100 kali.


Bandara Internasional Schiphol Amsterdam, Belanda


Bandara besar dari Belanda, Bandara Schiphol Amsterdam yang sudah menghubungkan penumpangnya dengan 293 bandara di tahun 2022 ini merupakan bandara yang penting sebagai penyedia maskapai antara Eropa dengan benua seberang. 

Dalam seminggu bisa mencapai 120 penerbangan dan menghubungkan bandara ini dengan London Heathrow karena rute ini merupakan rute yang paling sering dilalui.

Bandara Charles de Gaulle, Perancis


Bandara Charles de Gaulle berhasil meraih perunggu tahun 2021 sebagai bandara paling terkoneksi di dunia yang menghubungkan penumpang dengan 308 bandara di seluruh dunia.

Bandara ini juga menjadi penghubung penting di Eropa yang juga menghubungkan penumpang ke benua lain. Maskapai andalan bandara ini antara lain adalah Air France yang juga merupakan operator terbesar di bandara tersebut.

Bandara Istanbul, Turki

Bandara Istanbul dikabarkan memiliki koneksi antar bandara sebanyak 309 di seluruh dunia. Untuk waktu yang lama, Istanbul memang dikenal sebagai persimpangan perdagangan dan transportasi antara wilayah Timur dan Barat yang menjadi salah satu aspek penting. Bandara yang paling banyak koneksi dengan Istanbul adalah Bandara Internasional Teheran Imam Khomeini di Iran.

Nah, itu dia deretan 5 bandara paling terkoneksi di dunia dan jumlah bandara yang terkoneksi dari seluruh dunia. Angka tersebut memang tidak beraturan, akan tetapi faktor-faktor lain menjadi penentu suatu bandara dalam memiliki koneksi kepada bandara lain.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin