Google Hapus Tiga Ekstensi VPN Palsu di Chrome Web Store - 1.5 Juta Pengguna Telah Tertipu! - Winpoin

 

Google Hapus Tiga Ekstensi VPN Palsu di Chrome Web Store - 1.5 Juta Pengguna Telah Tertipu!


  • Posted by
  • 2 min

Ada kabar menarik nih guys, baru baru ini ada tiga VPN Extensions palsu yang telah ditemukan oleh peneliti keamanan Reason Labs, yang parahnya lagi, ketiga VPN palsu ini telah didownload dengan total 1.5 juta install, sangat banyak bukan?.

Nah ektensi ini diidentifikasi sebagai netPlus, netSave, dan netWin, dimana selain menyamarkan diri sebagai VPN, ini juga berjalan sebagai pembajak browser, alat hack cashback, dan pencuri data.

Menurut ReasonLabs – yang menemukan ekstensi berbahaya tersebut, ekstensi tersebut disebarkan melalui installer yang disembunyikan dalam salinan bajakan dari video game populer seperti Grand Theft Auto, Assassins Creed, dan The Sims 4, yang didistribusikan dari situs torrent, dan berdasarkan klaim dari Reason Labs, setidaknya installer Trojan ini telah diidentikasi tersedia di lebih dari 1000 file Torrent, yang parahanya ketika terinstall ekstensi tersebut juga mampu membajak browser, memanipulasi permintaan web, dan bahkan menonaktifkan ekstensi lain secara otomatis.

Untuk saat ini, ekstensi tersebut telah dihapus dari Chrome web Store oleh Google setelah ReasonLabs memberi tahu mereka tentang temuan mereka. Namun, tindakan ini diambil hanya setelah ekstensi tersebut mengumpulkan total 1,5 juta download. Insiden ini menggarisbawahi masalah malware yang terus-menerus terjadi di Chrome Web Store.

Ekstensi ini juga dibuat dalam bahasa Rusia dan berfokus pada wilayah dengan bahasa yang sama dimana mencakup Rusia, Ukraina, Kazakhstan, dan Belarus.

Selain itu, Reason Labs juga memperingatkan bahwa pengembang ekstensi mungkin telah membuat plugin berbahaya lainnya. Mereka menyarankan pengguna untuk hanya menginstal ekstensi, game, dan program dari sumber legal dan menggunakan perangkat lunak antivirus versi terbaru. Pengguna juga didesak untuk menghindari membuka link dan pop-up yang tidak dikenal, serta mengaktifkan otentikasi dua faktor untuk keamanan tambahan.

Popularitas VPN dan Jebakan Yang Membahayakan!

Tidak dipungkiri, VPN di negara manapun termasuk di Indonesia cukup populer, hal tersebut karena dengan VPN maka pengguna bisa dengan bebas membuka banyak situs yang diblokir oleh pemerintah.

Namun meskipun tampak berguna, penggunaan VPN harus kita perhatikan dengan cermat karena tidak semua VPN ini terpercaya dan bisa saja ada VPN yang ternyata diam diam melakukan tracking, melacak dan menyimpan data penting kita untuk selanjutnya dimanfaatkan untuk kepentingannya.

VPN dimaksudkan untuk menjaga keamanan ketika kita terhubung di jaringan public, namun jangan sampai dengan menggunakan VPN yang kurang terpercaya, data kamu diambil dan disalahgunakan.

Informasi detail mengenai VPN Extension Palsu ini bisa kamu temukan di halaman Reason Labs.

Nah coba komen dibawah mengenai pendapatmu, dan apakah kamu pernah mencoba menginstall Extensi VPN gratisan? komen dibawah guys.

Baca Juga

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)