Google Luncurkan Model AI Gemini, Ini Keunggulannya - Beritasatu

Google Luncurkan Model AI Gemini, Ini Keunggulannya

Kamis, 7 Desember 2023 | 08:30 WIB
Penulis: Herman | Editor: HE
CEO Alphabet Sundar Pichai
CEO Alphabet Sundar Pichai (AP/Jeff Chiu)

Jakarta, Beritasatu.com - Google mersmi meluncurkan Gemini, model artificial intelligence (AI) terbaru yang kini telah tersedia di Bard. Model AI ini diklaim sebagai yang terbesar dan paling canggih.

ADVERTISEMENT

Dilansir dari GSM Arena, Kamis (7/12/2023), Gemini dapat memproses dan memahami berbagai jenis informasi secara bersamaan, termasuk teks, gambar, audio, video, dan kode. Keunggulan ini memungkinkannya untuk menganalisis konten dengan lebih detail, membuatnya sangat efektif dalam merespons pertanyaan yang terkait dengan topik kompleks. Gemini dianggap sangat efisien dalam menjelaskan konsep-konsep dalam mata pelajaran rumit, seperti matematika dan fisika.

BACA JUGA

“Era model baru ini mewakili salah satu upaya sains dan rekayasa terbesar yang kami lakukan sebagai sebuah perusahaan,” tulis CEO Alphabet Sundar Pichai.

ADVERTISEMENT

Gemini memiliki tiga varian, yakni ultra, pro, dan nano. Varian Ultra menjadi model terbesar dan paling canggih untuk tugas-tugas yang sangat kompleks, Pro diakui sebagai model terbaik untuk penyelesaian berbagai tugas, sementara Nano merupakan model paling efisien untuk tugas-tugas pada perangkat.

Gemini Ultra dapat memahami, menjelaskan, dan menghasilkan kode berkualitas tinggi dalam bahasa pemrograman seperti Python, Java, C++, dan Go. Kemampuannya melintasi bahasa dan mengelola informasi yang kompleks membuatnya unggul dalam berbagai aspek pengkodean, termasuk dalam evaluasi HumanEval dan Natural2Code, yang merupakan dataset internal Google dengan sumber buatan manusia.

BACA JUGA

Gemini Pro diklaim unggul dalam enam dari delapan benchmark yang dijalankannya, bahkan melewati GPT-3.5. Evaluasi dari penilai pihak ketiga juga menyatakan bahwa Bard sekarang menjadi chatbot favorit secara signifikan dibandingkan dengan opsi lainnya.

Gemini Pro dapat dicoba dengan Bard untuk perintah berbasis teks dalam bahasa Inggris di 170 wilayah, kecuali Eropa yang akan segera hadir. Gemini Ultra diharapkan akan diperkenalkan pada awal tahun depan.

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)