Google Makin Ditinggal, Gen Z Akses Informasi Pilih Lewat Media Sosial - Beritasatu

Google Makin Ditinggal, Gen Z Akses Informasi Pilih Lewat Media Sosial

Jumat, 17 November 2023 | 09:48 WIB
Penulis: Whisnu Bagus Prasetyo | Editor: WBP
Media sosial
Media sosial (Ist)

New York, Beritasatu.com - Masyarakat yang sebagian besar gen Z makin banyak mengakses berita dan informasi melalui media sosial (medsos) dibandingkan Google.

ADVERTISEMENT

Studi terbaru dari Pew Research Center, dikutip dari Reuters, Kamis (16/11/2023), berdasarkan survei terhadap 8.842 orang dewasa Amerika atau atau gen Z yang dilakukan pada 25 September hingga 1 Oktober 2023, situs atau aplikasi berita digunakan oleh 67% dari responden yang disurvei. Facebook milik Meta adalah platform media sosial paling populer untuk mencari berita, dengan 30% orang Amerika rutin mengakses berita di aplikasi itu.  “Diikuti YouTube 26%, Instagram 16%, dan TikTok dengan 14%,” tulis studi itu

BACA JUGA

Konsumsi berita di Facebook tetap ada, meskipun Meta mengurangi prevalensi konten di platformnya dalam beberapa tahun terakhir karena menghadapi hambatan aturan di sejumlah negara di dunia.

ADVERTISEMENT

Studi menyatakan persentase pengguna TikTok yang rutin mengakses berita melalui aplikasi meningkat menjadi 43% pada 2023 dari tahun sebelumnya 22%. Studi ini menemukan setengah dari penduduk AS orang dewasa mendapatkan setidaknya beberapa berita dari media sosial.

Perusahaan media bersaing dengan TikTok dan platform media sosial lainnya untuk mendapatkan perhatian konsumen dan pengiklan. Perusahaan media juga mencari cara untuk melibatkan besarnya gen Z sebagai pengguna TikTok.

BACA JUGA

Pew menemukan konsumen berita reguler di Nextdoor, Facebook, Instagram, dan TikTok cenderung perempuan. Sementara konsumen berita reguler di Reddit, X, LinkedIn, dan YouTube milik Alphabet adalah laki-laki.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin